Toyota Buka Peluang Mini SUV Raize Masuk Indonesia

Minggu, 17/05/2020 14:52 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Setelah memulai debutnya pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, mini SUV terbaru Toyota Raize mulai dijual di pasar Jepang. 

Beredar spekulasi, kembaran Daihatsu Rocky reborn ini juga akan dijual di Indoneia karena spek yang ditawarkan dinilai cocok untuk konsumen Tanah Air. 

Setelah dalam beberapa kesempatan PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menutup informasi soal Mini SUV Raize, belum lama ini ada secuil informasi yang disampaikan sebagai jawaban dari wacana ini.

“Raize, belum diputuskan. Sangat menarik dan sangat serius kami pelajari,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM.

Informasi ini disampaikannya ketika menjawab pertanyaan Mobilinanews pada sesi Ngobrol Virtual Dulu yang diadakan Forum Wartawan Otomotif pada Jumat, 15 Mei 2020 jam 15.00 wib. 

Ketika ditanya lebih lanjut soal peluang dipasarkan di Indonesia, Anton menjawab diplomatis. “(Toyota Raize) akan kita sampaikan ke depannya, ada harapan baru,” senyumnya tanpa merinci lebih lanjut.

Raize dan Rocky adalah SUV berdimensi mini hasil berbagi platform antara Toyota dan Daihatsu ini adalah SUV kompak yang akan dihadirkan untuk pasar Asia.

Toyota Raize menggunakan platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang merupakan versi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang lebih terjangkau. 

Keduanya sama-sama memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.525 mm.

Tampilan eksterior keduanya mengadopsi ‘signature design’ dari masing-masing pabrikan yang punya ciri khas tersendiri.

Raize kabarnya akan dilengkapi dengan berbagai macam sistem bantuan mengemudi, termasuk forward collision alert, lane departure warning, blind spot monitor dan teknologi traffic sign recognition sebagai fitur standar. 

Sementara fitur tambahan lain yang tersedia sebagai pilihan mencakup adaptive cruise control, lane keep assist, rear cross-traffic alert dan a surround view camera.

Sumber tenaganya mengandalkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc dilengkapi peranti turbocharger yang menghasilkan 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm. 

Keluaran tenaga dipadukan dengan transmisi otomatis CVT yang menggerakkan roda depan. Keduanya sangat prospektif untuk pasar Indonesia. (anto)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!