MotoGP 2020 : Pisah Dengan Ducati, Ini Tujuan Petrucci Berikutnya

Selasa, 02/06/2020 21:01 WIB

mobilinanews (Italia) - Danilo Petrucci mengumumkan diri keluar dari Ducati pada akhir musim 2020. Ia akui itu gegara kedatangan Jack Miller yang minggu lalu dipromosikan Ducati dari tim satelit ke tim pabrikan. 

"Ducati yang memutuskan tidak melanjutkan kerjasama kami," kata Petrucci dalam wawacara dengan jaringan televisi Italia, TGR Umbria.

Pembalap Italia itu mengaku kecewa namun keputusan sudah diambil bahwa motornya yang akan diberikan kepada Miller. 

"Saya ingin bertahan di MotoGP. Baru tahun lalu saya meraih kemenangan dan saya ingin kembali meraih hal itu. Masih ada kesempatan pada tahun ini, karena itu saya berharap balapan 2020 segera berlangsung," harapnya, tak lain untuk membuktikan kapasitasnya.

Dengan pernyataan Petrucci maka hampir bisa dipastikan kontrak Andrea Dovizioso  akan berlanjut, berpasangan dengan Miller. 

Sini belum ada keputusan resmi, namun dengan keluarnya Petrucci maka tak ada pilihan lain Ducati mempertahankan Dovi jika tetap ingin bermain di level atas kejuaraan MotoGP.

Dalam tiga musim berturut Dovi menjadi penantang terkuat Marc Marquez (Honda) dalam perebutan trofi MotoGP. 

Melalui manajer pribadinya, Dovi dikabarkan menuntut kenaikan gaji. Itu persoalan yang memperlambat proses negosiasi yang masih berlanjut.

Pasalnya, keuangan tim juga tengah babak belur dihantam pandemi Covid-19 dan tertundanya kompetisi 2020.

Potensi Petrucci kembali ke tim satelit Pramac Ducati sepertinya tertutup. Ducati konon inginkan rider muda jebolan Moto2. Calonnya adalah Enea Bastinini yang juga Italiano atau Jorge Martin (Spanyol).

Agar bertahan di MotoGP, satu-satunya peluang Petrucci saat ini adalah tim pabrikan Aprilia mendampingi Aleix Espargaro.

Namun, dengan catatan, itu jika Andrea Iannone benar-benar kena hukuman 18 bulan akibat kasus doping di GP Malaysia 2019. Kasus ini masih disidangkan Pengadilan Arbitrase Olahraga. Jika Iannone lolos maka pupuslah harapan Petrucci.

Andai tak punya tempat lagi di MotoGP, langkah realistis pembalap berusia 29 tahun itu adalah hijrah ke kejuaraan dunia Superbike 2021.

Tim pabrikan Ducati di ajang WSBK dikabarkan siap menampungnya.

Ia diplot menjadi pengganti Chaz Davies dan bereuni dengan Scott Redding yang juga alumnus Pramac Ducati. (rnp)

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!