FIRST DRIVE: Renault Triber, Mobil Keluarga Ideal Dengan Fitur Maksimal

Senin, 08/06/2020 13:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Maxindo Renault Indonesia akhirnya mulai mendistribusikan unit Renault Triber yang didatangkan utuh dari India, kepada calon konsumennya dan ke sejumlah dealer di Tanah Air.

MPV yang digadang menjadi calon penantang Toyota Avanza dengan harga mendekati Low Cost Green Car ini memberikan sejumlah keunggulan.

Mobilinanews berkesempatan merasakan impresi berkendaranya untuk pertama kali dalam sebuah kesempatan terbatas di kawasan BSD City Tangerang, Banten. (6/6/2020).

Sekilas, wajah Renault Triber punya kemiripan dengan SUV Renault Captur, mengacu dari desain bonnet dan lampu utamanya yang sudah dilengkapi LED DRL. 

Triber dibekali peranti roof rail di atap dan ground clearence yang agak tinggi, menyiratkan unsur tangguh ala SUV maupun tampilan yang menjurus crossover. 

Renault Triber mengusung platform mini SUV Renault Kwid yang sudah dirancang ulang menjadi Low MPV berkapasitas tujuh penumpang. 

Masuk ke kabinnya, bakal disuguhi desain dasbor dan tata letak panel interior yang fungsional dan memudahkan pengemudi serta penggunanya.

Apalagi didukung sistem hiburan berupa layar sentuh yang sudah terhubung ke Apple CarPlay dan Android Auto, membuat Triber seolah mengerti kebutuhan mobil keluarga kekinian. 

Renault juga melengkapi Triber dengan fitur-fitur canggih seperti driving-style coaching dan driver economy rating. Fitur-fitur ini belum ada di kelasnya. 

Kapasitas kabinnya yang mampu memuat tujuh penumpang juga dilengkapi saluran kisi-kisi AC yang terdapat pada panel interior pilar B di baris kedua dan pada plafon tengah untuk baris ketiganya. 

Layaknya Low MPV yang mengutamakan kepraktisan, jok  baris ketiga bisa dilipat untuk memberikan ruang lebih ketika pengemudi ingin membawa banyak muatan. 

Fitur keselamatannya dilengkapi dua airbag di bagian depan, ABS + EBD, sensor parkir belakang dan speed warning. 

Pada model tertingginya dilengkapi kamera mundur di belakang yang beresolusi tinggi dan membantu pengemudinya saat memarkirkan mobil dengan mudah. 

Sumber tenaganya, Triber dibekali mesin bensin tiga silinder berkode BR10 kapasitas 999 cc bertenaga 72 HP dengan torsi 96 Nm. 

Dipadu dengan transmisi manual lima percepatan, terbukti handal untuk mengarungi jalanan perkotaan. 

Speknya lumayan juga. Tidak salah jika Renault Triber kami sebut sebagai mobil keluarga ideal dengan fitur maksimal. (anto)

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara di Sirkuit Jerez OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024