Indonesia Minta Dicancel Karena Pandemi, MXGP 2020 Dilangsungkan di Eropa

Jum'at, 03/07/2020 22:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pandemi Covid-19 memang mengacaukan kalender event balap di Indonesia. Baik yang nasional maupun international.

Dua seri kejuaraan dunia motocross MXGP 2020 yang sedianya dilangsungkan di Jakarta dan Palembang pun tersapu wabah yang telah menjangkiti 10 juta manusia di seluruh dunia itu.

20 seri kalender FIM MXGP/MX2 2020 yang baru dilansir penyelenggara Youthstream, tanpa 2 seri Indonesia. Dan, schedule untuk seri Indonesia tersebut memang berada pada masa puncak pandemi.

Dua seri awal sempat dilangsungkan di Inggris (1 Maret) dan Belanda (8 Maret) sebelum wabah virus Corona menyeruak.

Jadwal selanjutnya adalah Latvia pada 9 Agustus 2020 dan seterusnya. Hampir seluruh seri dilangsungkan di daratan Eropa yang secara pengiriman logistik lebih efektif dan bisa melalui jalur darat. 

"Iya, kami memang terus berkomunikasi dengan pihak Youthstream. Nggak mungkin kalau tahun ini (di Indonesia). Makanya kami minta cancel, karena izin juga tidak ada untuk event balap international," ujar Judiarto dari PT Arena Sirkuit International, partner penyelenggara MXGP d Indonesia.

Dalam kondisi pandemi seperti ini, tidak mudah mengundang orang dari luar negeri. 

"Keluar masuknya kan ribet. Bisa masuk, begitu pulang di karantina dulu selama 14 hari, begitu pun sebaliknya," terang Judiarto.

Makanya, lanjut mantan Ketum IMI DKI 2 periode ini, nggak mungkin menyelenggarakan kejuaraan dunia motocross MXGP tahun ini.

"Nggak mungkin, termasuk cargo dan pesawat dari negara asal. Kan sangat sulit. Apalagi status negara berbeda-beda terkait covid," terang Judiarto.

Jadi deal dengan Youthstream pelaksanaan event MXGP diganti ke 2021, dong?

"Insyaallah," jawab Judiarto. (bs) 

   

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!