Helmut Marko: "Tak Ada Tempat Buat Sebastian Vettel di Red Bull"

Kamis, 09/07/2020 21:07 WIB

mobilinanews (Austria) - Penasehat tim Red Bull Helmut Marko yang juga orang kepercayaan Dietrich Mateschitz menegaskan  tak ada tempat buat Sebastian Vettel untuk 2021 di tim Red Bull. Ia malah sarankan Vettel istirahat saja setahun.

Terkait Vettel, nama Marko memang tengah jadi sorotan. Ia orang pertama yang dikontak Vettel saat kepastian kontraknya di Ferrari tidak diperpanjang. Tak lain adalah soal peluang kembali ke Red Bull seperti pangakuan Vettel sendiri.

Topik kedua adalah berita yang menyebut Marko sudah diperintahkan Mateschitz untuk mengembalikan Vettel ke Red Bull. Soal ini Marko tidak membantah dan juga tidak membenarkan.

Ia malah mengulang kembali pernyataan sebelumnya, bahwa tak lagi ada tempat buat Vettel sebagaimana juga ditegaskan Team Principal Red Bull Christian Horner.

"Kami punya Alex Albon dan kami sangat puas dengan performanya," tegas Marko.

Alex adalah driver kedua di Red Bull. Pembalap utama Max Verstappen sudah dikontrak hingga akhir 2024.

Marko menyebut selain potensial, Albon juga merupakan pembalap blasteran Inggris dan Thailand. Dengan sendirinya semua kebijakan juga harus mempertimbangkan hal itu.

"Saham Red Bull itu 51% milik Thailand," tandasnya tanpa menyebut kaitan langsungnya dengan keluarga Albon.

Red Bull yang dibangun Mateschitz pada 1980-an memang berawal dari sukses pengusaha Thailand Chaleo Yoovidhya membangun Krating Daeng. Mateschitz lantas membangun kembarannya dan disesuaikan rasanya dengan pasar Eropa dengan brand Red Bull. Yoovidhya diberikan saham 49%.

Setelah Yoodvidhya meninggal, saham itu dikuasai keluarganya dengan tambahan ekstra 2% untuk Chalerm Yoovidhya sebagai anak tertua.

Marko pun menyarankan agar sebaiknya Vettel ibur kompetisi saja dalam setahun dan balik lagi pada musim 2022. 

Tapi, jika benar klaim motorsport-total.com bahwa Matescithz sudah perintahkan Marko merekrut Vettel maka sungguh menarik menunggu kelanjutannya di sela-sela kesibukan pada seri kedua F1 2020 pada akhir pekan ini di Austria. (rnp)

 

TERKINI
Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak! Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir