F1 Styrian 2020: Krusial di FP2, Berpotensi Jadi Penentu Posisi Start

Jum'at, 10/07/2020 19:46 WIB

mobilinanews (Austria) - Sesi Free Practice (FP) 2 yang sebentar lagi berlangsung mendadak jadi krusial buat seluruh pembalap. Tak lagi menjadi ajang latihan atau coba-coba setingan. Harus gaspol semuanya di sini. 

Itu terjadi berkat arahan race director karena ramalan cuaca pada Sabtu (11-7-2020) esok bisa jadi hujan seharian. Jika trek basah maka sesi kualifikasi dari Q1 sampai Q3 akan dihapus. Dengan sendirinya hasil pada FP2 akan menjadi patokan siapa yang start di front row maupun yang berada di starting grid lainnya.

FP1 sendiri sudah berlangsung dengan sedikit mengejutkan karena yang merajalela bukan lagi The Black Mercedes besutan Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Pekan lalu mereka meraja di semua sesi latihan GP Austria. Kini dengan label GP Styrian di sirkuit sama Red Bull Ring, justru The Pink Mercedes yang tercepat lewat Sergio Perez. Ia membesut Racing Point yang mengusung mesin Mercedes.

Pembalap Meksiko itu tercepat dengan waktu 1 menit 04,867 detik. Hanya unggul 0,096 detik atas Max Verstappen (Red Bull). Keduanya memakai ban berkompon soft pada fastest lap-nya. Sementara duet Black Mercedes berada di urutan 3 dan 4 tercepat dengan ban medium. Karena itu dibilang sedikit mengejutkan. Jika sama-sama bunakan soft bisa jadi si hitam tetap tak tertahankan.

Yang menarik adalah besutan Verstappen ke Styrian GP, beda dengan versi pekan lalu. Yang tampak luar adalah perubahan sayap depan. Sementara jeroannya dikabarkan telah mendapat sentuhan modifikasi Honda gara-gara kerusakan mesin pekan lalu.

Ferrari yang juga mengusung model baru pada sayap depan SF1000, ternyata memang sedang tak kompetitif. Sebastian Vettel dan Charles Leclerc hanya tercepat ke-10 dan 12.

Sesaat lagi FP2 bergulir. Siapa yang akan menyalip siapa? Atau, siapa yang bakal pole sitter jika besok hujan mengguyur Red Bull Ring? (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine