F1 Styrian 2020: Hamilton Ingin Posisi Terhormat, Mercedes Kerja Ekstra

Sabtu, 11/07/2020 13:09 WIB

mobilinanews (Austria) - Beberapa jam lagi, sesi FP3 dan kualifikasi GP Styrian berlangsung di sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Ini akan menentukan posis Lewis Hamilton sebagai juara dunia bertahan dan tengah dalam proses menuju rekor 7 trofi F1 untuk menyami rekor Michael Schumacher.

FP3 dihelat pada pukul 12.00 waktu lokal atau pukul 17.00 WIB. Dilanjut Q1, 2 dan 3 yang dimulai pada pukul 20.00 WIB. 

Jika hujan besar terjadi sesuai prediksi ahli cuaca di FIA, maka seluruh sesi hari ini akan dilihat kemungkinannya bisa dihelat atau tidak.

Tapi, kalaupun berlangsung maka hasilnya tidak akan menjadi penentu posisi start sebagaimana lazimnya.

FIA akan memutuskan apakah akan menggeser sesi kualifikasi ke Minggu (11/7/2020) pagi atau tidak. Ini pastinya akan mengganggu jadwal supporting race F2 yang berlangsung pagi.

Jika FP3 berlangsung normal tanpa hujan, bisa jadi itu referensi untuk menentukan starting grid. Tapi, jika FP3 pun didera hujan maka penentuan diambil dari hasil FP2 pada Jumat kemarin.

Ini yang sama sekali tak diinginkan Hamilton. Ia berharap dan mungkin juga berdoa keras agar tak hujan pada hari ini.

"Saya inginkan posisi terhormat," katanya.

Ya, hasil FP2 memang tak mencerminkan jati dirinya sebagai juara dunia bertahan. Ia hanya bercokol di urutan 6 tercepat. W11-nya tertinggal hampir 0,7 detik dengan Max Verstappen (Red Bull) yang tercepat.

Sementara Valtteri Bottas yang tercepat kedua dan juga membesut W11 bisa menyaingi Verstappen dengan jarak tipis 0,043 detik. Yang bikin tambah jengkel, dua pembalap Racing Point yang gunakan mesin Mercedes 2019 berada di urutan 3 dan 4.

Ia menilai ada masalah pada besutannya dan itu yang harus diidentifikasi tim teknis Mercedes dan temukan solusi perbaikannya dengan segera.

Hamilton jelas tak ingin memulai race dari urutan ke-6. Terlebih karena di klasemen sementara yang baru menggelar seri pembuka GP Austria, ia sudah tertinggal 13 poin dari Bottas.

"Jika nantinya harus demikian, tentu saya harus siap dan menganggapnya menjadi tantangan tersendiri. Semoga race pada Minggu benar-benar kering agar kami bisa `menari` di lintasan," katanya.

Usai FP2 kemarin Mercedes memang memastikan ada yang tak beres dalam besutan Hamilton.

Perbaikan dikerjakan sepanjang malam Sabtu tadi dan hasilnya bisa terlihat pada Sabtu sore WIB ini (jika tak hujan). (rnp)

 

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine