Mobil Mercedes-Benz Wapres KH Maruf Amin Isi Bensin Pakai Jerigen, Ini Faktanya!

Sabtu, 11/07/2020 23:20 WIB

mobilinanews (Bogor) - Sebuah mobil Mercedes-Benz berpelat merah dengan tulisan RI 2 membuat heboh jagat dunia maya.

Pasalnya, mobil yang ditumpangi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin ini diduga kehabisan bahan bakar  di pinggir jalan pada Sabtu (11/7/2020) tadi, di daerah Bogor, Jawa Barat. 

Mobil VVIP warna hitam ini lantas dikelilingi oleh beberapa orang berseragam batik yang diduga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tengah mengisi bahan bakar dengan jerigen.

Berawal dari video unggahan seorang pengguna Twitter di sosial media, terlihat mobil Mercedes-Benz S 600 Guard yang sering digunakan Wapres Ma’ruf Amin menarik perhatian banyak orang sekitar TKP.

Lalu apakah benar mobil mewah RI 2 ini kehabisan bensin?

"Pengisian BBM dari jerigen dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," tutur Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohammad Oemar, pada Sabtu (11/7/2020).

Mohammad Oemar menjelaskan, dalam rangkaian perjalanan selalu tersedia persediaan jerigen berisi BBM di dalam mobil teknisi. Sehingga saat mengisi bensin namun tidak tersedia BBM sesuai spesifikasi VVIP di SPBU, bisa menggunakan BBM cadangan tersebut.

“Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," tambah Mohammad Oemar.

Mohammad Oemar juga menyatakan bahwa unggahan video yang viral tersebut terjadi pada 8 Juli 2020 saat Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Bogor, Jawa Barat. Bukan terjadi hari ini.

Namun menurut Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI, spesifikasi mobil VVIP yang telah diserahterimakan ke sekretariat negara telah menyesuaikan dengan standar keamanan yang diminta dan kondisi di Indonesia.

“Secara spesifikasi BBM yang digunakan pada mobil VVIP milik Wapres telah disesuaikan dengan spesifiksai BBM yang ada di Indonesia. Sehingga tidak ada jenis BBM khusus yang digunakan pada spesifikasi mobil tersebut,” ujar Kariyanto.

Kariyanto menambahkan bahan bakar khusus Mercedes-Benz S 600 ini adalah Pertamax Turbo, atau jenis bahan bakar yang memiliki research octan number 98, yang tentu sudah tersedia juga di Indonesia.

Karena itu, Karyanto tidak tahu pasti tentang bahan bakar khusus yang dimaksud dari keterangan Sekretariat Wapres. (lila)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!