F1 Hungaria 2020: Siap-Siap All Mercedes Podium!

Sabtu, 18/07/2020 23:24 WIB

mobilinanews (Hungaria) - Mercedes memulai sesi awal GP Hungaria dengan 4 mobil di level atas tercepat. Hal sama terjadi di kualifikasi.

Dan, apa jadinya F1 2020 jika podium pada Minggu (19 Juli 2020) seluruhnya diisi Mercedes?

Itu hal yang sangat mungkin terjadi mencermati performa Mercedes dan Racing Point (mengusung mesin Mercedes 2019) sejak sesi latihan hingga kualifikasi.

Semakin mungkin dengan komposisi posisi start pada race Minggu (19 Juli 2020). Front row dihuni Lewis Hamilton yang sukses meraih pole position ke-90-nya, dan Valtteri Bottas di sebelahnya.

Row2 dihuni duet Racing Point Lance Stroll dan Sergio Perez. Setelah itu di posisi 5 sampai 7 ditempati duet Ferrari Sebastian Vettel - Charles Leclerc dan Max Verstappen (Red Bull).

Boro-boro mengalahkan, sekadar mendekati Hamilton dan Bottas saja secara teknis tak mungkin dilakukan Ferrari dan Red Bull.

Menyalip Racing Point saja tanda tanya mengingat kelincahan di dalam tikungan maupun kecepatan mereka di trek lurus. Kecuali jika terjadi 'rusuh' selepas start, lain soal.

Juga lain soal bila raceday disertai oleh hujan. Ini yang bisa membelah dominasi Mercedes karena nyali dan pengalaman Vettel dan Verstappen bisa jadi faktor penting.

Jika balapan berlangsung normal maka siap-siaplah penonton di depan tv menyaksikan race yang monoton, tanpa persaingan di baris depan. Maka All Mercedes Podium tinggal tunggu jadi nyata. Entah Stroll, entah Perez, yang akan jadi pelengkap Hamilton -Bottas.

Layak diduga kalau Hamilton dan Bottas akan dapat instruksi main aman untuk pastikan finish 1-2. Meski memimpin klasemen saat ini, Bottas akan terlarang bertindak agresif ke team mate-nya untuk hindari resiko.

Bukan tanpa alasan kalau Mercedes lebih memilih Hamilton menjadi juara di Hungaroring. Tak lain untuk meraih gelar dunia ke-7 Hamilton sekaligus menyamakan rekor Michael Schumacher.

Sebuah pencapaian yang pastinya akan jadi sejarah panjang Mercedes.

Hamilton sendiri mengaku tak terlalu memikirkan rekor itu. Ia lebih ingin menikmati kenyamanan W11 yang ia sebut versi terbaik yang ia rasakan selama di Mercedes.

"Terlalu dini membahas hal itu, tapi nanti kita akan mengetahuinya. Yang aku rasakan saat ini bahwa kami sudah memulai segalanya dengan cara yang benar," katanya.

Nah, jika ada team order pada Minggu ini maka itu pun tentu sebuah hal yang benar pula. (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine