Wow, 2 Tol Baru Di Luar Jawa Ini Siap Dioperasionalkan!

Senin, 20/07/2020 19:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kabar baru pembangunan infrastruktur pemerintah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan ada 2 ruas jalan tol baru yang telah siap untuk dioperasikan.

Kedua tol tersebut diharapkan bisa mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

Kedua ruas tol tersebut yakni Banda Aceh-Sigli seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km) dan Manado-Bitung (Mabit) seksi 1 Manado-Airmadidi (14 km) serta sebagian ruas seksi 2 hingga Kauditan (7 km).

Kedua ruas tol yang yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut telah mendapatkan persetujuan Surat Keputusan Menteri PUPR untuk pengoperasian.

Menteri PUPR, Dr. Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif itu akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri serta memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat ekonomi baru.

Jalan Tol Banda Aceh-Sigli dengan total panjang 74 km merupakan jalan tol pertama di Aceh yang dibangun sejak akhir 2018 dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya.

Total investasi  pembangunan ruas tol Banda Aceh-Sigli dengan total panjang 74 km sebanyak enam seksi ini sebesar Rp 12,35 triliun dengan biaya konstruksi sebesar Rp 8,99 triliun.

Dengan dibangunnya jalan tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 3 jam dengan kondisi jalan berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam.

Dengan rampungnya seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km) akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli - Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Ruas tol selanjutnya yang telah siap operasi Manado-Bitung segmen Manado-Airmadidi.

Jalan Tol Mabit dibangun dalam dua seksi, yaitu Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan (21 Km) dikerjakan Kementerian PUPR dan Seksi 2 Airmadidi - Bitung (25 Km) dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung. (lila)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine