Mobil Keluarga Pakai Mesin Turbo, Wuling Motors: Itu Sesuatu Banget!

Kamis, 23/07/2020 13:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Wuling Motors Indonesia telah melengkapi varian Cortez dan Almaz dengan fitur turbo di dalamnya.

Lantas seberapa efisien penggunaan mesin turbo pada mobil keluarga?

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia menjelaskan terkait hal tersebut. Baginya, penggunaan turbo pada line up Cortez didasari pada beberapa hal.

"Kelebihan penggunaan mesin turbo adalah kapasitas mesin yang kecil tapi bisa menghasilkan tenaga besar. Jadi menurut kami itu adalah sesuatu banget, pas untuk era sekarang," jelas Danang preview Wuling Cortez CT Type S di Jakarta, kemarin.

Selain keunggulan tersebut, Danang menambahkan penggunaan turbo juga bisa meringankan beban konsumen. Karena kapasitas mesin besar, saat ini akan terkena biaya pajak yang lebih mahal dari pemerintah.

"Kedua, secara pajak kita bisa menjaga agar konsumen tidak membayar berlebih karena kapasitas mesin di bawah 3.0 liter. Karena mesin yang digunakan 1.5 liter dengan turbo, jadi kapasitas mesin kecil dan ditambah dengan turbo. Komposisi yang pas," tambah Danang.

Line up Wuling Motors di Indonesia, telah membekali beberapa produk seperti Cortez dan Almaz, dengan mesin yang terintegrasi turbo.

Meski merupakan `barang baru`, hingga sekarang Danang belum mendapat komplain atau masalah mengenai turbo dari konsumen Wuling Motors.

"Sejauh ini belum ada keluhan, tanggapannya positif. Dan belum ada yang mengeluhkan tentang turbo. Jadi perawatan turbo secara modern tidak perlu ritual khusus seperti zaman dulu. Perawatan mudah, rutin ganti oli, dan penggunaan bahan bakar yang pas," urai Danang.

Pada produk terbaru Wuling Cortez CT Type S ini, prinsipal masih menyematkan turbo di bagian jantung mesin.

Klaim Wuling Motors, tenaga yang dihasilkan dari Cortez CT Type S terbaru ini mampu menyemburkan 140 hp dan torsi 250 Nm. (hf)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!