PSI Minta 560 M Ditarik Dari Formula E, Hilbram Dunar : Commitment Fee Memang Bayar Di Depan

Rabu, 29/07/2020 21:57 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Polititisi PSI (Partai Solidaritas Indonesia), Mohammad Guntur Romli meminta Gubernur Anies Baswedan menarik kembali uang Rp 560 miliar dari Formula E, untuk membantu warga Jakarta yang lagi susah karena pandemi Covid-19.

"Dalam 1-2 hari ini lagi ramai, soal Anies yang memilih menyetor uang Rp 560 miliar kepada penyelenggara balap mobil listrik Formula E. Daripada untuk mensubsidi hobi orang kaya, lebih baik untuk memberi makan rakyat Jakarta," kata Guntur Romli dalam video berdurasi 4,23 menit tersebut. 

"Menurut sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI, Anton W Prabowo kini bersiap mengungkap aliran dana tersebut. Rp 560 miliar tersebut disebutkan sebagai comitment fee Formula E. Rinciannya, Rp 360 miliar disetor Desember 2019 untuk FE tahun 2020, sedang Rp 200 miliar dikirim Februari 2020 untuk tahun 2021," terang Guntur Romli.  

"Formula E tahun 2020 saja belum jelas, sudah dipastikan ditunda. Malah sudah bayar lagi untuk FE tahun 2021. Saya nggak tahu, apa yang ada di kepala Anies. Padahal uang segitu bisa untuk bantuan 3,7 juta keluarga warga DKI kalau nilai bantuannya seperti kemarin, Rp 150 ribu per orang," lanjutnya. 

Anehnya, lanjut Guntur Romli, katanya Anies sudah mengawasi Corona dari Januari, tapi Februari membayar Rp 200 miliar kepada FE. 

Maka itu tambah Guntur Romli, kemudian muncul desakan uang Rp 560 miliar itu ditarik kembali untuk rakyat. "Makanan, bukan balapan yang dibutuhkan rakyat saat ini," tegas Guntur Romli.

Sementara itu, Hilbram Dunar yang sempat didapuk sebagai Direktur Komunikasi Formula E mengaku saat ini lagi vakum dari aktivitas dan tugasnya di Formula E. "Sekarang langsung dihandle pihak Jakpro dan Balaikota," ujar Hilbram Dunar.

Namun soal commitment fee yang dibayarkan oleh pemerintah daerah DKI kepada pihak FE tersebut sepengetahuannya memang sesuai dengan kontrak 5 tahun untuk penyelenggaraan balap mobil level dunia yang tengah naik daun tersebut di Jakarta.

"Tidak hanya Formula E, di MotoGP, F1 atau balapan dunia lainnya, commitment fee itu memang dibayarkan di depan. Bisa jadi, tahun depan misalnya FE digelar 2 seri di Jakarta. Tapi, untuk pastinya, silakan hubungi pihak Jakpro atau Balaikota deh," saran Hilbram Dunar, yang biasa jadi presenter siaran F1 di televisi. (bs)    

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine