F1 2020 Inggris: Rapat Darurat Red Bull - Honda, Verstappen dan Albon Sukses Pukul Mercedes

Sabtu, 01/08/2020 01:20 WIB

mobilinanews (Inggris) - Baru sesi latihan. Tapi, sukses memutus dominasi tim Mercedes setidaknya melambungkan semangat tempur tim Red Bull di GP Inggris.

Ujian terdekat adalah kualifikasi pada Sabtu (1/8/2020) ini untuk menakar peluang menjadi kampiun di kandang Lewis Hamilton.

Jelang GP Inggris dikabarkan Red Bull gelar rapat bareng dengan Honda dalam status darurat. Tiga partai awal tidaklah seperti harapan karena sama sekali belum membuka peluang Max Verstappen menjadi juara dunia 2020 seperti target tim, untuk menjadikannya juara dunia F1 termuda sepanjang sejarah.

Hasil rapat membuahkan berbagai persiapan khusus. Selain modifikasi aero kit, RB16 juga kabarnya dibekali Honda dengan power unit baru.

Verstappen antusias dengan konsep pengembangan itu meski hasil riilnya hanya akan dapat diketahui saat diuji di trek Silverstone.

"Saya tak mengatakan akan mengalahkan mereka (Mercedes). Tapi, menarik menunggu seberapa dekat kami mampu mengejar mereka," kata Verstappen kala itu.

Hasilnya, langsung tampak di dua sesi latihan resmi pada Jumat (31/7/2020). Duet Verstappen - Alex Albon tak hanya memepet waktu, tapi mampu mematahkan dominasi duet Mercedes Lewis Hamilton - Valtteri Bottas. 

Verstappen tercepat di FP1 dengan menundukkan Hamilton dengan gap cukup telak 0,474 detik. Sedangkan Albon berada di urutan 4 di bawah Lance Stroll (Racing Point).

Di FP2 giliran Albon yang merangsek naik meski sempat kecelakaan parah saat mobilnya menghantam pembatas lintasan. Ia tercepat kedua di bawah Stroll dengan marjin waktu sangat tipis, 0,090 detik.

Verstappen sendiri berada di urutan 14 pada sesi ini karena dapat tugas melakukan strategi berbeda, terkait dengan taktik saat raceday nantinya.

Kesimpulan sementara, rapat darurat Red Bull - Honda itu memberikan hasil positif. Pastinya catatan waktu di dua sesi ini sama sekali tak bisa jadi patokan untuk langkah berikutnya, terlebih karena suhu udara pada sesi kualifikasi dan race diprediksi lebih adem.

Jika performa RB16 masih oke pada FP3 dan serangkaian fase kualifikasi pada Sabtu (1/8/2020) ini, maka bolehlah seluruh awak Red Bull berharap dominasi Hamilton di Silverstone juga bisa diputus.

"Yang pasti ini bukan hari yang buruk buat kami. Mobil jauh lebih bagus dibandingkan race sebelumnya, dan saya sangat senang dengan performanya. Tentu masih ada kekurangan yang kudu ditingkatkan, tapi secara keseluruhan sangat positif. Termasuk saat digeber dengan waktu yang lama," kata driver Belanda itu yang coba simulasi race pada FP2.

Saat ini, Verstappen berada di urutan 3 klasemen pembalap di bawah Hamilton dan Bottas. Artinya, ia harus menang atau setidaknya finish di depan kedua driver Mercedes itu di dua seri beruntun Silverstone agar peluang meraih trofi masih terjaga.

Seperti apa kansnya, setidaknya akan tergambar dari hasil FP3 dan kualifikasi pada Sabtu ini. (rnp)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!