Eric Clapton Jual-Jualin Mobil Koleksinya, Ini Salah Satunya

Rabu, 12/08/2020 01:01 WIB

mobilinanews (Inggris) - Eric Patrick Clapton, musisi Inggris yang mendunia lewat petikan gitar dan lagu-lagu rock and blues-nya. Ia juga car enthusiast dengan spesialisai super car. Terutama brand Ferrari, yang dalam banyak kasus menjadi inspirasi karya lagu-lagunya.

Ada belasan koleksi supercar miliknya. Ia fans berat Ferrari. Karena itu koleksinya sebagian besar mobil berlogo kuda jingkrak itu. Karena itu juga Eric menjadi salah satu tifoso sejati tim Ferrari di kancah F1.

"Buat saya hanya Ferrari yang cocok untuk dimiliki dan dikendarai," katanya suatu ketika.

Saking cintanya pada Ferrari, pabrikan Italia ini bahkan sempat membuat special project Ferrari SP12 EC pada 2012 khusus buat dirinya. Inisial EC itu jelas merujuk pada nama Eric Clapton. Dan, barang satu ini yang acap dipakai dan dibanggakan pemusik top itu.

Entah karena alasan apa, dalam usianya yang kini 75 tahun, Eric mulai melego satu demi satu koleksinya. Beberapa waktu lalu ia melego Lamborghini Superleggera dan laku senilai 125.000 poundsterling atau Rp 2,4 miliar. 

Kini ia melego satu unit lagi yang diumumkan perdana pada Selasa, 11 Agustus. Kali ini satu unit besutan kesayangannya, Ferrari 599 GTB Fiorano F1. Pihak yang ditugaskan menjual, dealer mobil-mobil super GVE London membanderolnya dengan harga 89.900 poundsterrliang atau sekitar Rp 1,7 miliar. Sasaran pembelinya adalah para penggemar Eric yang punya banyak uang maupun kolektor Ferrari.

Mobil ini istimewa bukan hanya karena eks besutan pesohor sekaliber Eric Clapton. Selain terawat apik, fitur mobil ini juga terbilang istimewa. Banyak sentuhan menonjol seperti kaliper rem berkelir kuning, rem karbon keramik, dan instalasi sistem BOSE HiFi.

Eksterior khas Nero Daytona Black sangat kontras dengan interior Castoror Light Brown, jok kulit dan kaca dalam elektrokromatik. Semua kursi sistem elektrik dengan headliner kulit, plus rak belakang yang juga berbahan kulit.

Tampak luar pun koleksi Pak Eric ini sangat keren. Dengan velg 20 inch dan logo klasik Scuderia Ferrari, pastinya semakin garang kala deru mesin 6l 12V yang digendongnya mulai meraung-raung. 

Dari spek teknisnya, Ferrari 599 Fiorano F1 mampu melaju 0-60 dalam 3,5 detik. Top speed-nya 205 mph atau 328 kpj. Nah, mungkin ini yang bikin Eric ngeri dalam usianya yang sudah 75 tahun. Atau ada alasan lain yang tak ingin ia sebut? (rnp)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!