MotoGP 2020: Tak Kunjung Teken Kontrak, "Kawinan" Valentino Rossi - Tim Petronas Masih Ribet

Kamis, 27/08/2020 21:29 WIB

mobilinanews (talia) - Sudah ada kesepakatan segi tiga antara Yamaha, Petronas Yamaha Srt dan Valentino Rossi. Bahwa Il Dottore musim 2021 berbaju tim Petronas dengan fasiltas penuh sebagai factory rider.

Akankah pengumuman resminya pada GP San Marino pada pertengahan September?

Belum tentu, meski Misano dianggap ideal sebagai lokasi `akad nikah` karena dekat dengan markas besar VR46 Academy di Tavuilla, Italia.

Dikutip dari laman moto.it, Team Principal Monster Energy Yamaha Lin Jarvis menyebut harapannya memang pengumuman resmi di Misano.

Tak ada masalah antara ketiga belah pihak, bahwa Rossi akan gabung Petronas Yamaha tahun depan dan dengan dukungan penuh pabrikan.

Yang masih mengganjal adalah detil beberapa klausul dalam kontrak seperti kesepakatan tim Yamaha MotoGP dengan pabrikan di Jepang, kesepakatan tim Petronas Yamaha dengan para sponsornya, dan juga keberadaan sponsor pribadi Rossi.

"Masih dalam tahap finalisasi. Waktu sangat sempit, jadi kami belum tahu apakah bisa di berlangsung di Misano atau tidak. Kami juga tak buru-buru," kata Jarvis.

Selain masalah sponsor, kendala juga muncul soal para mekanik. Fabio Quartararo yang musim depan gantikan Rossi di tim pabrikan, dikabrkan ingin membawa seluruh mekaniknya dari tim Petronas Yamaha Srt.

Rossi pun begitu, paling tidak ingin bawa kepala teknik barunya, David Munoz, bersama sejumlah personel inti. Ini yang kabarnya juga jadi masalah lantaran perbedaan fasilitas mekanik di pabrikan dan tim satelit.

Satu hal lagi, soal durasi kontrak. Petronas tak ingin dijadikan hanya persinggahan sementara Rossi sebelum pensiun.

Mereka ingin setidaknya kontrak dibuat 2 tahun agar The Doctor bisa ambil peran dalam pengembangan tim Malaysia itu. (rnp)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!