Tampil Konsisten, Pegokart Daffa AB Kuasai Kelas Junior Cup Latber Eshark Rok Cup Seri 3

Sabtu, 05/09/2020 18:35 WIB

mobilinaews (Sentul) - Pegokart Daffa Ardiansa, atau yang lebih dikenal dengan Daffa AB tampil konsisten untuk menjuarai kelas Junior Rok pada Latihan Bersama Eshark Rok Cup seri 3 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Sabtu (5/8/2020).

Dalam balapan 20 putaran tersebut, andalan P-Five Racing Team itu terus memimpin dan tidak terkejar pegokart lainnya. 

Posisi kedua ditempati Kanaka Azarel Gusasi (Shadaff Motorsport) dan ketiga Michael Orlando (ASR Motorsport).

Menunggu start bersama sang mekanik Teguh Bernie

Pada race ini, sebuah insiden "senggolan" terjadi antara Michael Orlando dan Kanaka Gusasi di tikungan pertama lap ke-3, akibatkan Michael sempat ke rumput. Namun dia berusaha mendorong gokart ke lintasan dan melanjutkan perlombaan. 

Konsistensi siswa kelas 8 Al Wildan International Islamic School 4 Lebak Bulus Jakarta Selatan ini tampak dari lap ke lap, di mana semakin membuat gap dengan Kanaka yang merupakan rival utamanya.

Konsistensi, dari latihan fisik yang digenjot untuk Daffa AB

Tak hanya itu, juga ditunjukkan dengan lap time yang dicetak Daffa AB juga konsisten, dan bahkan beberapa lap menjelang finish race pacenya semakin cepat.

Tentu ini kelanjutan dari sesi latihan resmi hari Jumat (4/9/2020) kemarin, di mana pada sesi terakhir (ke-5), Daffa AB berhasil mencetak fastest. Sebelumnya, di sesi 4, Kanaka yang mencetak waktu tercepat.

"Kemarin, Presley Martono dan tim teknik yang dipimpin Teguh Bernie, mendapati gokart ada masalah pada fuel pump dan camber depan. Namun bisa diperbaiki, untuk mengikuti latihan sesi 5 latihan," ujar Irjen Pol (P) Anang Boedihardjo, ayahanda Daffa AB kepada mobilinanews.

Irjen Pol Anang bertugas sebagai dokumentasi dengan video di tangan

Namun di luar itu, Daffa AB mengalami progress signifikan setelah dilatih Presley Martono pegokart senior dan juara F4 SEA tahun 2017. 

Tidak hanya teknik, melainkan juga dilatih secara fisik dengan berlari dan latihan dengan alat di rumah. 

"Yang menonjol adalah Daffa AB diminta melakukan latihan fisik dengan lompat tali setiap hari. Karena itu dinilai bisa melatih ketahanan (endurance)," lanjut Anang.

Daffa AB bersiap start

Alhasil, hingga jelang finish pada Latber Eshark Rok Cup seri 3 kali ini gap dengan Kanaka kian renggang dan menjauh. 

Sedangkan pada seri 2 Eshark Rok Cup pada Maret lalu, Daffa AB berhasil finish kedua hampir berbarengan dengan Kanaka. Hanya beda sepertiga ban.

"Saya merasakan, semakin konsisten saat balapan karena badan saya kian bugar. Semoga besok bisa menjaga ritme seperti hari ini, dan tidak ada kendala pada gokart," ungkap Daffa AB.

Satu lagi faktor pendukung sukses Daffa AB kali ini berkat dukungan penuh sasis Intrepid yang dipakainya di ajang latihan bersama.

Firhand Ali, bos sasis asal Italia tersebut bahkan rajin mampir ke paddock P-Five Racing Team untuk memberi inputan. 

Pada Minggu (6/9/2020) esok, akan kembali dilanjutkan dengan Latber Eshark Rok Cup seri 4 di SIKC. (wan)  

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine