Skuter Listik Dengan Basic Honda Beat Lawas Kreasi Alitt Susanto Untuk Supergiveaway IMX 2020

Selasa, 15/09/2020 16:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tahun ini IMX memberikan 2 buah hadiah undian berupa Supergiveaway. 

Yang pertama adalah skuter listrik custom yang bekerja sama dengan YouTuber Alitt Susanto dan Katros Garage

Skuter listrik tersebut merupakan ubahan dari skuter konvensional bermesin bakar yang dikonversi menjadi skuter listrik dengan motor listrik dan baterai. 

Program konversi ini diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia sesuai amanat Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 55 tahun 2019 yang membahas perihal percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan, sehingga ini akan menjadi edukasi kepada masyarakat terkait kendaraan listrik.

“Upaya tersebut selaras dengan tren dunia yang terus bergerak ke penggunaan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Kemenperin sudah memulai rangkaian sosialisasi pengembangan kendaraan listik, utamanya sepeda motor, dengan menggandeng beberapa pihak, salah satunya dengan Indonesia Modification Expo (IMX) untuk mengonversi skuter matik (skutik) bermesin konvensional ke motor listrik,” kata Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

Skutik listrik tersebut akan mendapat fokus perubahan pada tampilan kaki-kaki menggunakan “banana” arm agar terlihat lebih kekar. 

Jenis kaki-kaki tersebut dipilih karena kompatibel untuk dipasangi velg, ban, dan sistem pengereman berukuran besar yang membuat tampilannya semakin menarik.

Skutik listrik itu akan dibekali dengan baterai berkapasitas 60 Volt  20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh yang membuat tarikannya responsif. 

Selain itu baterainya akan mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian, dengan usia pemakaian baterai mencapai 6 tahun. 

Untuk pengisian daya memakan waktu hingga 4,5 jam dari kosong hingga penuh, dan terdapat fitur  autocut yang memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika sudah penuh. (wan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine