MotoGP 2020 Teruel: Tinggal Suzuki vs Yamaha, Ducati dan Honda Runyam

Minggu, 25/10/2020 21:03 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tinggal 3 seri terakhir MotoGP 2020. Suka atau tidak, perebutan gelar tinggal tersisa buat rider Suzuki dan Yamaha. Ducati dan Honda saatnya realistis.

Itu situasi pasca race GP Teruel, Minggu (25-10-2020) di Aragon, Spanyol. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) yang jadi juara kini naik ke urutan 4 klasemen di bawah Joan Mir (Suzuki), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Maverick Vinales (Yamaha).

Andrea Dovizioso (Ducati) di urutan 5 dengan poin 109. Di atas kertas masih bisa mengejar Mir yang leading dengan total loin 137. Itu teorinya.

Tapi, di bawah kertas, Dovizioso sudah sadar posisinya yang rawan karena performa DesmosediciGP20-nya tak kunjung membaik. Posisi Dovi malah rawan diterjang Alex Rins (Suzuki) yang bersama Mir kembali cetak double podium di Aragon. Dovi dan Rins hanya berjarak 4 poin.

Honda yang sebelum race GP Teruel masih menyisakan harapan besar lewat Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Alex Marquez (Repsol Honda) juga saatnya realistis menatap trofi 2020. Keduanya DNF di Teruel.

Nakagami malah hanya beberapa detik menikmati balapan karena jatuh sesaat selepas start, sekaligus gagal mencetak pembalap ke-9 menjadi juara tahun ini.

Tampil tanpa cela dan memimpin balapan sejak Nakagami jatuh dan hingga finish, Morbidelli sangat antusias meraih gelar juara kali keduanya musim ini. Naik ke 4 Besar klasemen, katanya, sangat menyenangkan.

"Tapi, terlalu dini untuk bicara peluang merebut gelar. Saya ingin konsentrasi saja pada balapan berikutnya, seperti saat ini yang butuh konsentrasi tinggi di setiap lap," kata Morbidelli yang masih terpisah 11 poin dengan rekan satu timnya, Quartararo.

Dua race beruntun di Valencia akan sangat krusial bagi para pembalap di level atas. Baik Yamaha maupun Suzuki belum akan layak memainkan strategi open order, dan dengan begitu duel pembalap dua pabrikan Jepang ini akan lanjut ke seri pamungkas di Portugal.

Dan, dalam menatap 3 race ke depan itu, Mir masih bersikeras dengan sikapnya saat ini. Tak ingin memikirkan juara dunia, tapi fokus pada ambisi mewujudkan kemenangan yang belum kunjung berhasil di MotoGP.

"Pendekatan saya tak berubah," tegasnya.

Bisa jadi itu basa-basi. Sebab, kemenangan dengan sendirinya  memastikan peluang meraih gelar semakin besar. Hanya saja dimana ia akan raih kemenangan itu? (rnp)

KLASEMEN MOTOGP 2020:

PosisiPembalapPoin
1Joan MirTeam Suzuki Ecstar137
2Fabio QuartararoPetronas Yamaha SRT123
3Maverick VinalesMonster Energy Yamaha MotoGP118
4Franco MorbidelliPetronas Yamaha SRT112
5Andrea DoviziosoMission Winnow Ducati Team109
6Alex RinsTeam Suzuki Ecstar105
7Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU92
8Pol EspargaroRed Bull KTM Factory Racing90
9Jack MillerPramac Racing82
10Miguel OliveiraRed Bull KTM Tech379

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik