MotoGP 2020: Kondisi Marquez Lebih Parah Dari Yang Terlihat, Tak Ikut ke Valencia

Rabu, 04/11/2020 00:35 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Repsol Honda sudah pasti tak akan turunkan pembalap utamanya, Marc Marquez, pada GP Valencia di Spanyol, 8 November 2020.

Berarti sudah 4 bulan juara dunia bertahan itu tak mengaspal pasca kecelakaan di seri pembuka GP Jerez medio Juli lalu.

MM93 patah tulang tangan kanan pada insiden itu dan dipasangi plat platinum dengan 12 baut di dalamnya. Dengan teknologi medis saat ini, khususnya di MotoGP, cidera seperti itu umumnya sembuh tak sampai 3 bulan.

Tapi, bisa dimaklumi karena kemudian Marquez harus dioperasi ulang karena pelat platinum itu bengkok saat ia berusaha buka jendela di rumahnya.

Beberapa hari lalu media Spanyol Mundo Deportivo merilis kabar baru kalau Marquez harus jalani operasi kali ketiga untuk cidera yang sama.

Namun Honda menepis isu itu. Sekarang isu itu mencuat kembali dengan pertanyaan sebenarnya separah apa sih cideranya?

Kalau kini Marquez tak juga turun di Valencia sudah dipastikan karena kondisinya belum fit 100%, meski sudah rajin latihan ringan outdoor maupun di dalam gym.

Satu hal yang belum ia lakukan adalah latihan motokros atau di atas motor lainnya. 

Sebelumnya Honda menyebut pemegang 6 gelar MotoGP itu hanya akan turun ke trek jika sudah fit 100%. Kalau saat ini tak turun di Valencia maka muncul dugaan kalauu cidera Marquez sebenarnya lebih parah dari yang tampak atau dari yang secara resmi diumumkan.

Marquez sendiri sebelumnya merasa sudah siap berlaga secara mental, namun secara fisik hanya akan balapan jika dokter mengizinkannya.

Jika tak bisa di Valencia, katanya, ia berharap bisa ikut main di GP Portimao yang baru kali ini menghelat MotoGP.

"Itu trek yang sangat bagus, dan saya ingin ke sana," katanya.

Belum dipastikan apakah ia bisa turun di Valencia 2 pada 15 November, sekadar pemanasan untuk maju ke Portimao yang menjadi seri pamungkas musim kompetisi 2020.

Atau jangan-jangan di Portimao pun nanti Stefan Bradl pula yang masih tampil sebagai rider pengganti? (rnp)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!