Wow, 4 Tokoh Nasional Berebut Posisi Ketua Umum IMI Pusat!

Selasa, 17/11/2020 05:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Apa yang membuat Ikatan Motor Indonesia (IMI) begitu diminati? Paling tidak, kini ada 4 kandidat Ketum IMI Pusat periode 2020-2024 seperti yang beredar di sosmed dan media.

Yakni Sadikin Aksa selaku kandidat dari unsur incumbent, Letjen Jenderal TNI AM Putranto (Dankodiklatad), Rapsel Ali (anggota DPR-RI dan menantu Wapres KH Maruf Amin) serta Bambang Soesatyo (Ketua MPR-RI).

Bukan nama-nama sembarangan bukan? 

Musyawarah Nasional (Munas) IMI sendiri sebagai ajang pemilihan Ketum IMI Pusat rencananya akan dilangsungkan di Makassar, Sulawesi Selatan, 20 Desember mendatang. 

Sebagai syarat agar bisa maju ke arena pemilihan, kandidat harus bisa membawa minimal 30 persen Surat Dukungan (Surduk) dari 34 Ketua IMI Provinsi se-Indonesia, yang jika dikonversi adalah 11 Surduk. 

Sejauh ini regulasi menyebutkan, IMI Provinsi hanya boleh mengeluarkan 1 Surduk untuk kandidat. Kalau lebih dari satu, maka Surduk tersebut justru tidak berlaku.

Lalu, kita kembali awal, apa sejatinya yang membuat jabatan sebagai Ketum IMI Pusat begitu diminati? 

Seorang tokoh otomotif senior menyebut, IMI ibarat gadis cantik nan sexy, makanya layak diperebutkan.

Padahal, siapa pun yang menjadi Ketum IMI tidaklah mendapatkan apa-apa dari sisi materi, tidak ada gaji, yang ada malah harus siap berkorban waktu dan materii (dana). Dengan kata lain, ini organisasi sosial. 

Selain itu, IMI dengan 14 cabor (cabang olahraga) di dalamnya, kemudian kegiatan wisata dan sosial (kini namanya menjadi mobilitas), menjadikan sebagai organisasi olahraga anggota KONI Pusat nomor 2 (setelah sepakbola) dengan "massa terbesar".

Maka wajar jika IMI selalu menjadi ajang perebutan gengsi para tokoh di Tanah Air.

Periode 2016-2020, IMI diperebutkan antara H.Prasetyo Edi Marsudi (offroader dan Ketua DPRD DKI Jakarta) dan Sadikin Aksa (pereli dan bos PT Bosowa Group).

Di periode sebelumnya, bahkan terjadi head on antara 2 sosok Jenderal bintang 3 satu dari Polri dan satunya lagi dari TNI-AD. Komjen Pol Nanan Soekarna (Wakapolri) dan Letjen TNI Hotma Sitompul (Sekretaris Menkopolkam), dan seterusnya.  

Maka itu, meski saat ini ada 4 kandidat, hanya 2 yang akan lolos ke panggung pemilhan. Siapa saja mereka, kita tunggu update selanjutnya. (tim mobilina). 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!