Sirkuit Meikarta Sebagai Pengganti PMPP Sentul, Begini Tanggapan Ryan Nirwan

Rabu, 02/12/2020 20:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kejuaraan sprint rally di Indonesia memang didominasi oleh lintasan tanah atau gravel. Beberapa sirkuit yang sudah menjalankan kejuaraan, hampir semuanya mengandalkan medan aspal alias tarmac.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sirkuit aspal untuk sprint rally memang tidak ada lagi sejak PMPP Sentul Bogor, Jawa Barat, tidak menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Sebagai gantinya, ada sirkuit Meikarta di Cikarang, Jawa Barat.

Namun, meski sama-sama bermedankan aspal, bagi Ryan Nirwan, pereli BRM Motorsport, keduanya tidak bisa dibandingkan begitu saja. Ada beberapa hal yang membuatnya berbeda antara satu dan lainnya.

"Sirkuit Meikarta bisa sebagai gantinya tarmac (PMPP), tapi biar bagaimana pun juga ada beberapa perbedaan. Enggak sama juga meski keduanya sama-sama aspal," buka Ryan Nirwan kepada mobilinanews.

Bagi Ryan, untuk karakter antara PMPP dan Meikarta jelas sangat berbeda. Secara medan, memang ada beberapa perbedaan. Mulai dari kontur aspal, tikungan serta handicap sangat berbeda untuk kedua sirkuit tersebut.

"Karakter lintasan PMPP dan Meikarta beda jauh. Tapi ya at least ada sirkuit aspal lagi. Menurut saya dengan adanya Meikarta yang aspal, okelah buat sekarang," tambah Ryan Nirwan.

Untuk sirkuit Meikarta sendiri sudah menjalankan dua kali sprint rally. Pertama kali penyelenggaraan, suguhan lintasan yang disajikan adalah aspal.

Namun dalam penyelenggaraan kedua kalinya beberapa waktu lalu, diselipkan lintasan gravel sebagai handicap tambahan untuk peserta.

Sementara Sirkuit PMPP Sentul Bogor, Jawa Barat, sudah beberapa kali menjadi tuan rumah. Untuk kejuaraan King of Kings Retro Rally, biasanya mengambil tempat di sirkuit tersebut. (hf)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine