Line Up Pembalap F1 2021, Tinggal 3 Kursi Kosong

Rabu, 02/12/2020 21:45 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Haas sudah mengkonfirmasi line up pembalap mereka untuk 2021. Kini tinggal 3 kursi dalam 3 tim yang masih kosong.

Kursi paling panas adalah milik Alex Albon di Red Bull. Semakin panas karena nasib Albon juga menentukan nasib beberapa pembalap lain.

Tiga tim yang belum punya line up utuh adalah Mercedes, Red Bull dan AlphaTauri. Sama sekali tak ada gonjang-ganjing di Mercedes karena hanya tinggal menunggu waktu resmi perpanjangan kontrak Lewis Hamilton. Tak ada indikator yang mengarah pergantian. 

Sebaliknya di Red Bull, panas! Hari-hari hingga seri terakhir GP Abu Dhabi nanti menjadi penantian yang terasa sangat panjang bagi driver berdarah Thailand itu. Rapornya akan dinilai apakah amih layak jadi pendamping Max Verstappen atau tidak. 

Jika tidak maka dua pembalap dari luar kubu Red Bull sudah siap masuk dan kebetulan dua-duanya belum punya tempat tahun depan. Mereka adalah Nico Hulkenberg dan Sergio Perez.

Jika ini opsi yang terjadi maka inilah kali pertama Red Bull mengambil pembalapnya bukan dari internal sendiri. Selama ini tradisi Red Bull adalah mempromosikan para pembalap binaannya dari tim junior AlphaTauri.

Memilih Hulkenberg atau Perez juga jadi masalah tersendiri buat Red Bull. Verstappen sudah terang-terangan memilih Hulkenberg.

Sementara pilihan kepada Perez bisa jadi keuntungan finansial tersendiri karena pembalap Meksiko ini akan bawa sponsor besar ke Red Bull. Dari segi skill bisa disebut keduanya berimbang.

"Hingga saat ini belum ada keputusan apa pun.Di akhir musim baru kami putuskan. Yang jelas, siapa pembalapkami bukan ditentukan oleh Verstappen," tegas penasehat tim Red Bull Helmut Marko, figur yang memperpanjang masa ujian Albon hingga akhir musim.

Jika Albon bertahan di Red Bull maka kursi kosong saat ini di AlphaTauri sudah disediakan buat pembalap muda Jepang Yuki Tsunoda yang saat ini tarung di F2 dengan posisi 5 Besarr klasemen. Pembalap binaan Honda itu akan mendampingi Pierre Gasly.

Bagaimana kalau Albon tak lulus ujian? Ini yang repot karena belum ada skenario yang jelas. Jika ia kembali ke tim AlphaTauri yang artinya menggagalkan promosi Tsunoda,maka harus dihitung efeknya dengan Honda dalam rangka pengambilalihan aset F1 pabrikan Jepang itu di Inggris menyusul pengundurran diri Honda dari F1 di akhir 2021.

Di sisi lain mempensiunkan Albon juga tak mudah bagi Marko yang sohibnya pemilik Red Bull Dietrich Mateschitz. Pasalnya, Albon tak bisa lepas dari aliansi bisnis Red Bull dengan industri Krating Daeng di Thailand.

Nah, benar-benar bikin panas kan Albon ini!(rnp)

LINE UP PEMBALAP F1 2021

Mercedes

Valtteri Bottas (hingga 2021)
TBA (Lewis Hamilton)

Ferrari 

Charles Leclerc (hingga 2024)
Carlos Sainz (hingga 2022)

Red Bull Racing

Max Verstappen (hingga 2023)
TBA

 McLaren F1 Team

Daniel Ricciardo (multi-year)
Lando Norris (multi-year)

Alpine F1 Team (Renault)

Esteban Ocon (hingga 2021)
Fernando Alonso (setidaknya hingga 2021)

Scuderia AlphaTauri

Pierre Gasly (hingga 2021
TBA

 Aston Martin F1 Team (Eks racing Point)

Sebastian Vettel (multi year)
Lance Stroll (multi year)

Alfa Romeo Racing 

 Kimi Raikkonen (hingga 2021)
Antonio Giovinazzi (hingga 2021)

Haas F1 Team

Mick Schumacher (multi-year)
Nikita Mazepin (multi-year)

 Williams 

George Russell (hingga 2021)
Nicholas Latifi (hingga 2021) 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!