F1 2020 Sakhir: Nasib Albon Makin Rawan di Red Bull, Terancam Jadi Pemain Cadangan

Minggu, 06/12/2020 14:55 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Podium di GP Bahrain pekan lalu melambungkan asa Alex Albon untuk bertahan di Red Bull musim depan. Tapi, urutan 12 kualifikasi GP Sakhir membuat posisinya kembali rawan. Pakbos di Red Bull sudah ultimatum, ia bisa saja jadi pembalap cadangan musim depan. Duh!

Albon jadi perhatian terkait kursi panas soal calon pendamping Max Verstappen musim depan. Pembalap Belanda itu butuh teammate yang bisa jadi sparring partner-nya mengarungi kompetisi.

Arrtinya, ia harus punya skill dan speed yang bersaing dengan Verstappen. Dua kandidat dari luar tim sudah menunggu untuk itu, Sergio Perrez dan Nico Hulkenberg.

Pekan lalu Albon berada di grid 4, kalah dari Hamilton di kualifikasi dengan jarak 0,5 detik. Di GP Sakhir ia urutan 12 sementara Verstappen beradaq di 3 Besar tercepat bersama dua joki Mercedes.

Selisih waktu mereka pun jomplang, meski hanya 0,3 detik tapi itu terjadi pada trek yang lebih pendek dari pekan lalu. Pasalnya, GP Sakhir gunakan lay out berbeda dari pekan lalu.

Albon sendiri merasa heran dengan performa mobilnya di sesi kualifikasi. Pasalnya, ia merasa tak ada masalah serius saat bisa berada di urutan 6 tercepat di sesi FP3. Ia justru ingin membuka data teknis untuk mengetahui dimana kelemahannya.

Namun, apapun itu, ujian yang diberikan tim tetap tak berubah. Kini konsekuensinya malah lebih berat. Kalau tadinya masih ada opsi kembali ke timjuunirRed Bull, AlphaTauri, maka kesempatan itu kini hilang dari kemungkinan.

Team Principal Red Bull Christian Horner kini hanya memberi dua kemungkinan. Bertahan di Red Bull atau setahun penuh pada 2021 menjadi pembalap cadangan.

"Tak ada opsi ke AlphaTauri. Kami ingin ia bertahan dan lolos ujian di akhir musim ini. Kami berikan semua support yang diperlukan. Kinji tugas Albon untuk membuktikan ia masih pantas mendampingi Max Verstappen tahun depan," tegas Horner.

Ucapan Horner menjadi indikasi kalau pendamping Pierre Gasly di AlphaTauri musim depan sudah di kantong petinggi tim Red Bull. Sosok yang banyak disebut adalah Yuki Tsunoda, pembalap Jepang berumur 20 tahun yang musim ini berlaga di F2 dan duduki posisi 3 Besar sementara.

Ajang pembuktian terdekat Albon tersaji pada race GP Sakhir malam ini. Start dari urutan 12 bukanlah hal mudah untuk memulai lomba, terutama dalam trek pendek yang memungkinkan terjadinya iring-iringan panjang saat race.

"Saya sama sekali tak putus asa. Terus berjuang untuk kursi tahun depan karena hanya itu fokus saya," janji Albon menjawab ultimatum bosnya di Red Bull.

"Selepas start saya harus bisa memperbaiki posisi sebisanya. Ada beberapa area yang memungkinkan menyalip lawan, termasuk juga zona DRS. Saya harus bisa manfaatkan setiap celah hingga garis finish."

Nah, pertaruhan Albon pastinya layak jadi fokus perhatian penonton malam ini lewat layar televisi masing-masing.

Seberapa jauh Albon akan melangkah? (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!