10 Hari di Rumah Sakit, Marc Marquez Lanjutkan Perawatan 6 Bulan di Cervera

Senin, 14/12/2020 02:30 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Minggu petang 13 Desember 2020, Marc Marquez tinggalkan Hospital Ruber Internacional di Madrid, Spanyol. Ia butuh waktu 6 bulan lagi untuk penyembuhan.

Juara dunia MotoGP 6 kali itu masuk rumah sakit untuk jalani operasi ketiga sejak kecelakaan hebat di GP Spanyol lima bulan silam yang menyebabkan patah tulang tangannya.

Dua operasi sebelumnya, pemasangan plat dan selanjutnya penggantian plat yang patah itu berlangsung di klinik dr. Xavier Mir yang terkenal di Barcelona. Namun operasi ketiga berlangsung di Madrid karena Marquez kecewa dengan penanganan sebelumnya.

Operasi ke-3 pada 3 Desember lalu untuk lakukan cangkok tulang. Tulang tangan kanannya kemudian diganti dengan tukang yang diambil dari pinggul. Sayangnya, sudah terjadi infeksi sehingga waktu perawatan harus diperpanjang.

"Hari ini Marc sudah bisa tinggalkan rumah sakit. Operasi dan perawatan berjalan lancar," bunyi pernyataan singkat tim Repsol Honda yang diterima media pada Minggu malam tadi.

Seperti biasa, press release Repsol Honda tak pernah berpanjang-panjang bercerita soal kesehatan pembalap utamanya tersebut.

Hanya saja analisa medis menyebut rehabilitasi Marquez membutuhkan waktu 6 bulan untuk pemulihan yang seluruhnya akan dilakoni di Cervera, kampung halamannya di dekat Barcelonaa.

Jangka waktu itu memastikannya absen dari awal hingga paroh musim kompetisi MotoGP 2021. Repsol Honda belum memastikan apakah test rider Stefan Bradl akan menjadi pengganti seperti ia jalani dalam 13 laga sepanjang musim 2020. 

Beredar rumor kencang kalau Andrea Dovjzioso yang akan dipakai sebagai pendamping Pol Espargaro yang tahun depan jalani debutnya di Repsol Honda.

Ini jadi rumor karena Honda maupun Dovi belum pernah memberi keterangan resmi meski dikabarkan sudah ada pembicaraan kedua pihak.

Dovi yang mantan pembalap Honda itu mengakhiri kontraknya di Ducati di akhir musim 2020. Ia memilih cuti setahun sepanjang 2021 untuk kembali pada 2022. 

Diharapkan pada awal tahun depan sudah ada kejelasan soal pengganti sementara Marquez untuk ikut sesi tes pra musim. Selanjutnya jalani musim balap 2021 sejak Maret di seri pembuka GP Qatar. (rnp)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine