WRC 2021: Wuihhh, Rally Acropolis di Yunani Kembali ke Jalur WRC!

Senin, 28/12/2020 14:24 WIB

mobilinanews (Yunani) - Setelah Safary Rally di Kenya, Afrika, FIA kini mengembalikan event ikonik lainnya,  Acropolis Rally, ke percaturan kejuaraan dunia WRC. 

Di masa lalu Acropolis Rally yang dijuluki The Rally of Gods (Reli Para Dewa) menjadi salah satu favorit pabrikan, pereli maupun penonton. Itu karena karakter lintasannya yang kering dan berbatuan di area pegunungan. Sangat menguji ketahanan mobil dan saat sama ujian berat buat pereli dari sisi stamina dan skill. Penonton pun datang berduyun-duyun sekaligus menikmati alam Yunani yang eksotik.

Acropolis salah satu ajang reli tertua di dunia, berlangsung sejak 1951. Setelah bertahun-tahun masuk.kalender Kejuaraan Eropa (ERC), reli ini masuk kalender kejuaraan dunia (WRC) pada  1973. Seri WRC terhenti pada musim 2013 dengan juaranya saat itu Jari-Matti Latvala dengan besutan VW Polo R WRC.

Kini setelah 7 tahun vakum, FIA dan promotor WRC siap mengembalikan Acropolis ke habitatnya. Sebenarnya target awal adalah main di musim 2022. Tapi, event ini dimasukkan ke musim 2021 sebagai cadangan karena belum tentu semua yang sudah terjadwal bisa on akibat pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya.

Kesepakatan itu sudah ditandatangani oleh Menteri Ollahraga Yunani Lefteris Avgenakis, 'Ketua IMI'  Yunani Takis Pournakis dan Jona Siebel selaku promotor WRC. 

Seri Acropolis disiapkan sebagai pengganti event di musim panas 2021. Tak lain agar Reli Para Dewa ini tetap pada karakternya yang menyulitkan mobil maupun pengemudinya.

Kembalinya Acropolis tak lain karena campur tangan pemerintah Yunani untuk membiayai penyelenggaraannya. Tanpa dukungan pemerintah semua event otomotif dunia saat ini nyaris mustahil dihelat. (rnp)

TERKINI
Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol