Tanya Bengkel Auto2000 : AC Mobil Berbau Tidak Sedap? Simak Trik Merawat dan Mengatasinya di Sini!

Rabu, 30/12/2020 10:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Anda pasti setuju bahwa AC (air conditioner) pada kendaraan, khususnya mobil, sangatlah penting. Terlebih lagi tinggal di negara tropis dengan iklim yang selalu panas dan sering hujan, ya. 

Bayangkan saja saat hujan deras melanda dan seluruh jendela kaca mobil perlu ditutup, absennya AC bisa membuat embun dan membahayakan berkendara. 

Maka, AC mobil perlu dirawat agar dapat terus berfungsi maksimal. Namun ada kalanya AC mobil mengalami gangguan, seperti tidak dingin atau bahkan berbau tidak sedap. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Tak perlu khawatir, karena berbagai permasalahan ini sudah dibahas dalam segmen Tanya Bengkel yang ditayangkan di channel Youtube Auto2000 ID. Pada tayangan ini Gery, Kepala Bengkel Auto2000 Alam Sutera Tangerang, telah menjelaskannya secara mendetail dan lengkap.

Cara merawat AC mobil paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah memilih pewangi mobil yang tidak berbentuk cairan. Pasalnya, pewangi mobil cair bisa membuat AC malah berbau tidak sedap.

 “Cairan pewangi akan menguap menjadi gas, lalu masuk ke dalam filter cabin, dan otomatis akan masuk ke dalam evaporator. Evaporator kemudian bisa kotor akan gel atau lendir, sehingga menyebabkan AC berbau,” kata Gery. 

Menurut Gery, evaporator yang kotor akan lebih mudah rapuh, mengurangi kualitas sirkulasi udara dalam mobil, bakteri dan virus akan semakin mudah menempel dan tersebar melalui AC, serta bisa menyebabkan kebocoran. 

Cara penanganan pertama untuk mengatasi hal ini adalah membersihkan evaporator menggunakan boroskop atau datang ke bengkel terdekat. Selain itu, gunakan pewangi mobil yang berkualitas baik dan  bertekstur padat, seperti biji kopi.

Beberapa treatment lain yang bisa dilakukan adalah pembersihan cabin air filter secara rutin, menetralkan odor kabin mobil, serta menggunakan cleverin untuk menyerap bau mobil. 

Mau tahu lebih banyak soal merawat AC mobil yang tepat? Simak penjelasan Gery lebih lanjut di segmen Tanya Bengkel yang hanya disiarkan oleh channel Youtube Auto2000 ID!

Di segmen ini, AutoFamily bisa belajar lebih banyak dengan mendalam soal berbagai cara perawatan mobil dari ahlinya. 

Selain itu, terdapat pula segmen Tanya Auto yang mengulas tentang spesifikasi semua mobil Toyota. Review-nya sudah pasti terjamin karena beberapa kali berkolaborasi dengan tokoh ternama atau komunitas. Mau membandingkan dua mobil yang mirip? Bisa! Pokoknya, di segmen ini AutoFamily bakal semakin ahli soal dunia otomotif, deh. 

So, enggak usah ragu. Ayo segera tonton, like, dan subscribe channel Youtube Auto2000 ID, ya! (gabriela)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine