Rally Dakar 2021: Bensin Tercampur Air, Pereli Yamaha Jadi Korban

Rabu, 06/01/2021 17:27 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Berada di peringkat 8 klasemen sementara dari 101 peserta motor, laju Andrew Short harus terhenti di hari ketiga Rally Dakar, Arab Saudi. Motor pereli tim Yamaha itu mogok hanya 7 km setelah pengisian ulang bahan bakar.

Petualangan pada Selasa (5/1/2021) itu memang panjang, 629 km. Karena itu peserta motor dijadwal isi ulang bahan bakar pada dua pos sepanjang perjalanan.

Pada pos pertama itulah Short isi ulang tangki motornya setelah menempuh jarak 267 km. Tak lama, motornya berhenti mendadak. Short berusaha perbaiki mesin dan saluran bahan bakar, tetap saja tak hidup.

Ia putus asa di tengah gurun dan menyerah karena waktu sudah sangat banyak terbuang. Ia pulang dengan menumpang helikopter panitia. 

Saat motornya sampai di base camp, teknisi Yamaha membongkar tangki dan menemukan ada lima liter air tercampur dengan bensin.

Dipastikan itu yang membuat mesin motor mati. Karena saat diisi dengan bensin murni, mesin langsung menyala.

Usut punya usut, ternyata banyak banyak peserta lain yang bensinnya juga tercemar. Tapi, hanya motor Short yang mogok total. Dan, itu juga alasan panitia menolak usul Yamaha untuk membatalkan catatan waktu usai km 267. 

Direktur Penyelanggara David Castera hanya bisa bilang akan menginvestigasi darimana datangnya air ke tangki berkapasitas 30.000 liter yang disediakan panitia.

"Saya tak mengerti mengapa bisa terjadi karena kami punya prosedur yang sangat baik. Kami akan pertimbangkan perubahan prosedur agar hal ini tidak terjadi lagi," kata Castera.

Lucunya, ia malah cenderung menyalahkan Short. 

"Ia tidak tahu apa yang terjadi dengan motornya. Jika Anda keluarkan airnya maka motor Anda akan hidup kembali dan lanjutkan lomba. Mesinnya tidak rusak, hanya mogok. Yang lain juga kemasukan air tapi tidak mempengaruhi motornya," ujar Castera sekenanya.

Mau tak mau Short harus terima kenyataan, tersingkir oleh masalah yang baru kali ini terhadi di Rally Dakar.

Pereli AS itu pun harus jadi penonton dalam 9 hari ke depan. (rnp)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan