F1 2021: Spanyol Semarak, Menanti Aksi Fernando Alonso dan Carlos Sainz

Minggu, 10/01/2021 21:33 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Reli dunia di Spanyol langsung hingar-bingar saat Carlos Sainz Sr menjadi juara dunia. MotoGP `merakyat` kala Alex Criville juara dunia dan makin bergairah sejak Marc Marquez muncul. Dan, F1 jadi popular di negeri Matador itu kala Fernando Alonso meraih gelar 2005 dan 2006.

Sejak Alonso keluar gelanggang, minat F1 di Spanyol pun turun drastis. Para driver Spanyol lainnya yang ada tak sepopular dirinya dan tidak dalam hitungan sebagai kandidat perebut gelar dunia.

"Sebelum Alonso di F1, orang Spanyol malah tak peduli dengan F1 karena tak ada orang Spanyol yang menang di situ," komentar Pedro de la Rosa, mantan pembalap F1 Spanyol yang kelasnya ya jelas di bawah Alonso.

Menurut De la Rosa, Alonso yang membawa kegairahan F1 di bumi Spanyol. Karena itu, katanya, kembalinya Alonso ke tim Renault (tahun ini hadir dengan branding Alpine F1) jelas berdampak positif buat negerinya. Karena peluang Alonso dianggap masih terbuka menjadi juara dunia dalam tahun berikutnya.

Perpindahan Carlos Sainz Jr dari McLaren ke Ferrari juga dinilai De la Rosa sebagai hal positif buat Spanyol. Tak lain karena nama besar Ferrari di kancah F1 dan itu berarti membuka peluang Sainz ke zona perebutan gelar nantinya.

"Publik Spanyol akan sangat antusias mengikuti F1 tahun ini. Karena mereka punya 2 pembalap untuk disemangati sepanjang musim 2021," imbuhnya.

Di sisi lain, Alonso dan Sainz Jr sangat dekat meski beda generasi dan tim. Alonso bahkan ringan tangan jika Sainz butuh nasehat teknis darinya. Bukan karena semata sesama driver Spanyol, tapi karena Alonso adalah sahabat akrab Sainz Jr. (rnp)

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!