The African Berpulang, Duka Buat Rally Dakar

Minggu, 10/01/2021 22:34 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Berita duka menerpa seluruh insan yang terlibat dalam event Rally Dakar 2021 di Arab Saudi. Bukan peserta yang meninggal seperti nyaris terjadi saban tahun, tapi tokoh kharismatik The African yang berpulang.

The African adalah julukan buat Hubert Auriol, salah satu legenda petualangan offroad Rally Dakar dengan tiga kemenangan.

Gelar pertama dan kedua  di kelas motor pada 1981 dan 1983. Selanjutnya pria Prancis kelahiran Addis Abeba, Ethiopia, itu juara di kelas mobil pada 1992. Ia orang pertama yang juara di dua kelas itu.

Gelar The African disematkan bukan hanya karena ia lahir di bumi Afrika tapi juga reputasinya saat menjelajah trek sulit Reli Dakar yang berlangsung di Afrika.

Pensiun jadi pembalap, Auriol kemudian terpilih jadi Direktur Penyelenggara Reli Paris-Dakar yang saat ini dikenal dengan Dakar Rally.

The African meninggal pada Minggu (10 Januari 2021) di saat Rally Dakar di Arab Saudi tengah berkutat dalam SS7.

Penyelenggara dikabarkan akan membuat upacara singkat jelang SS8 besok untuk memberikan penghormatan buat tokoh yang ternyata tak punya hubungan kekerabatan dengan Diedier Auriol, juara dunia WRC asal Prancis.

The African sudah lama menderita sakit jantung dan penyakit itulah yang mengakhiri usianya pada umur 68 tahun.

"Keluarga besar Dakar Rally sangat terkejut dan sangat berduka dengan kepergian beliau. Ia tak terpisahkan dana selalu erat dengan sejarah Dakar. Kita semua berduka dan doa terbaik untuk putrinya - Julie, Jenna, dan Leslie," kata penyelenggara Rally Dakar lewat pernyataan tertulis.

RIP Hubert Auriol! (rnp)

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!