Setelah Mercedes, 2 Tim F1 Lain Siap Merapat ke Formula E

Minggu, 17/01/2021 23:59 WIB

mobilinanews (Inggris) - Ketika  BMW dan Audi bilang mundur dari Formula E di akhir musim 2020, CEO Formula E Jamaie Reigle sama sekali tak khawatir kehilangan kontestan. Beberapa tim menurutnya sudah siap masuk sebagai pendatang baru. 

Kini terkuak kalau dua dari beberapa peminat itu datang dari wilayah F1. McLaren salah satunya. Tim Inggris itu sudah memastikan kontrak sebagai tim peserta pada musim kompetisi 2022. Persiapan organisasi dan operasionalnya sudah mulai dilakukan.

Calon satunya adalah Lotus-Alpine yang baru saja membentuk aliansi kerjasama membangun mobil--mobil kompetisi bertenaga listrik. Lotus sudah pynya jejak panjang di lingkup motorsport. Sedangkan Alpine yang merupakan sub-merek Renault khusus untuk mobil-mobil sport merupakan tim resmi F1 mulai 2021 sebagai kelanjutan tim Renault.

Alpine di bawah kendali CEO baru Laurent Rossi sudah memancang proyek mobil sport bertenaga listrik di masa depan. Tentu saja Formula E menjadi lahan R&D untuk kepentingan itu. Masuk gelanggang balap FE bisa jadi proyek perdana kolaborasinya dengan Lotus.

Menyikapi kemungkinan itu juru bicara Lotus menyebut belum ada keputusan yang dibuat meski ada kemungkinan membantuk tim.

:Ini adalah kolaborasi motorsport yang menarik. Bersama-sama kami melihat potensinya. Lotus memiliki kekayaan sejarah di motorsport dan Renault adalah ahlinya formula. Jadi, ini akan jadi kombinasi yang menarik," kata sang jubir seperti dikutip autosport.

Jika Alpine masuk maka ini adalah tim ketiga F1 yang menyerbu FE setelah Mercedes sejak 2019, McLaren mulai 2022 dan Alpine (kalau jadi).

Di sisi lain, Reigle menyebut event yang dikelolanya memang mendapat lirikan berbagai peminat. Baik pabrikan maupun tim independent.

"Pada 2018 mereka melihat kompetisi ini masih sangat mahal. Kini berbeda dengan hadirnya mobil generasi ketiga dimana kami berusaha menekan biaya sedemikian rupa, daya tariknya kembali mencuat," katanya. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!