F1 2021: Incar 3 Besar, Ini Lawan-Lawan Unik Yang Harus Disikat Ferrari

Jum'at, 22/01/2021 21:05 WIB

mobilinanews (Italia) - Masih bersama Sebastian Vettel tahun lalu, Ferrari jalani musim terburuknya di F1. Berada di posisi 6 konstruktor 2020 membuat fans marah, membuat Team Principal Mattia Binotto dicerca. 

Lupakan SF1000 yang gagal, kini Ferari siapkan SF21 menghadapi musim 2021. Sasis dipermak, aero kit dimodifikasi, dan mesin dikilik sebatas yang dibolehkan regulasi.

Binotto lantas pancang target wajib untuk dicapai duet pembalapnya, Charles Leclerc (Monaco) dan Carlos Sainz Jr (Spanyol), yakni 3 Besar konstruktor di akhir musim.

"Itu target minimal dan realistis," ucap Binotto.

Uniknya, ada dua hal yang harus dihadapi Ferrari untuk mencapai posisi itu. Pertama adalah McLaren yang tak lain adalah bekas tim Sainz.

Tim ini meraih posisi 3 Besar tak lain karena jasa besar Sainz yang menyumbang 105 angka dari 202 total poin yang diraih McLaren. Sisanya disumbang Lando Norris.

Jelas tak mudah menundukkan McLaren yang kini diperkuat Daniel Ricciardo bersama Norris. Tak itu saja, McLaren juga mengusung pemasok mesin baru, Mercedes.

Keunikan kedua menyangkut Vettel yang tahun ini mulai memperkuat tim Aston Martin (eks Racing Point) yang masih bermesin Mercedes. Tahun lalu tim ini menduduki peringkat 4 konstruktor.

Artinya, Ferrari juga bersaing dengan Aston Martin berebut 3 Besar musim 2021 yang notabene harus menundukkan Vettel.

"Tahun lalu mereka kuat, pastinya akan lebih kuat dengan kehadiran Sebastian. McLaren juga jadi saingan kuat dengan mesin dan pembalap barunya," komentar Binotto.

Tapi ia juga yakin dengan duet pembalap mudanya yang sudah punya pengalaman mengatasi berbagai tekanan saat balapan. Dengan pacuan yang ia yakini lebih kompetitif, Binotto yakin duet Leclerc dan Sainz bisa meraih target.

"Secara keseluruhan target ini akan sangat tak mudah diraih. Tapi, secara tim kami harus mencoba untuk mencapainya." (rnp)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine