Revisi Kalender MotoGP 2021: Qatar Gelar 2 Seri Awal, Indonesia Tetap Cadangan

Jum'at, 22/01/2021 22:10 WIB

mobilinanews (Spanyol) - FIM, IRTA dan Dorna Sports baru saja merilis perubahan kalender balap MotoGP 2021. Terdiri dari 19 seri. GP Indonesia di Sirkuit Mandalika masuk tetap sebagai cadangan.

Sirkuit Losail di Qatar menjadi trek paling sibuk dalam musim kompetisi MotoGP 2021. Negara ini menerima `tumpahan` winter test yang gagal dihelat di Sepang, Malaysia. Membuat Qatar menggelar semua sesi winter test jelang balap 2021.

Tak lama setelah tes pada Maret, negara ini jalani tradisi menjadi seri pembuka kompetisi dengan GP Qatar pada 28 Maret 2021.

Dan, untuk kali pertama dalam sejarah Qatar, seri kedua pun dilanjut pada trek sama dengan titel GP Doha di tanggal 4 April. Mengikuti konsep double header yang tahun lalu terjadi di beberapa sirkuit.

Perubahan lain adalah GP Portugal yang tadinya cadangan kini resmi masuk jadwal pada seri ketiga, 18 April. Ini menjadi awal seri panjang di Eropa yang biasanya diawali di Jerez, Spanyol. Kini Spanyol ditempatkan usai Portugal.

Setelah itu, urut-urutan serinya berjalan seperti biasanya, yakni berangkat ke seri Prancis pada 16 Mei hingga sampai di seri San Marino (19 September. Pada periode ini GP Finlandia masih dalam status sementara dalam arti bisa dihelat jika homologasi trek barunya dikeluarkan FIM.

Dari kalender sebelumnya terdapat dua yang hilang dalam jadwal baru. Yakni GP Argentina dan GP Amerika. Keduanya dalam status tunda dan cenderung batal akibat pandemi Covid-19.

Nah, bulan depan dikabarkan bakal datang rombongan Dorna dan FIM meninjau persiapan fisik pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB.

Jika proses pembangunannya lancar, dapat homologasi, dan promotor lokal siap lahir batin maka Indonesia berpeluang kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah musim 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul.

Namun itu pun masih dengan catatan kalau ada lagi seri terdaftar yang kemudian batal digelar dan cocok dengan kepentingan Dorna dari aspek logistik.

Yang pasti Dorna memang ngebet masuk Indonesia sebagai negara yang paling tinggi peggemar MotoGP-nya.

Saat ini GP Indonesia di Mandalika ditempatkan dalam daftar cadangan. (rnp)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!