F1 2021: Vaksin Covid-19 Sudah Beredar, Saatnya Ghost Race Berakhir

Senin, 25/01/2021 22:40 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tahun lalu sebagian besar race F1 berlangsung tanpa penonton. Tribun sangat sepi. Pembalap menjulukinya sebagai ghost race atau balapan hantu. Masihkah ada hantu tahun ini?

Sejak jauh hari, penyelenggara GP Imola di Italia dan GP Belanda di Zandvoort inginkan keberadaan penonton di dalam sirkuit.

Tentu, disesuaikan dengan kondisi Covid-19 di saat penyelenggaraan dan tentunya dengan protokol ketat yang sudah setahun ini diberlakukan FIA dan Formula One Management.

Pengelola Zandvoort bahkan mengatakan tak ada Grand Prix di sirkuitnya jika penonton dilarang masuk. Pasalnya, sirkuit ini ingin merayakan kembalinya GP Belanda di ajang F1.

Bersamaan dengan meroketnya nama Max Verstappen di blantika balap F1. Jadi akan dianggap sia-sia jika para penggemar fanatik Verstappen berjuluk Orange Army tak boleh ikut dalam perayaan.

Kini, pengelola sirkuit Barcelona di Spanyol pun berharap bisa mengakhiri gohst race. Alasannya adalah program vaksinasi massal yang sudah berjalan di berbagai negara. Dengan demikian resiko yang dikhawatirkan bisa diperkecil, apalagi protokol Covid-19 akan tetap dijalankan.

"Saat ini, kita belum tahu kemungkinannya. Apakah bisa hadirkan penonton 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu atau tak ada sama sekali. Semuanya bergantung pada efektif tidaknya pelaksanaan vaksinasi," kata CEO GP Spanyol Ramon Tremosa seperti dikutip dari El Mundo Deportivo.

Ia sendiri sudah kecewa karena jadwal winter test yang harusnya di Barcelona harus dipindah ke Bahrain akibat belum redanya Covid di Spanyol. 

GP Spanyol berlangsung pada 9 Mei. Jika pada April kasus Covid menurun atau program vaksinasi sudah merata, Tremosa memprediksi akan bisa mendatangkan penonton ke sirkuitnya. 

Imola sendiri menjadi tuan rumah seri ketiga pada 18 April. Potensinya menjadi ghost race masih tinggi terlepas dari program vaksinasi.

Tapi untuk GP Belanda yang dijadwal pada 5 September kemungkinannya cukup besar menghadirkan para anggota Orange Army yang selalu datang mendukung Verstappen ke berbagai sirkuit Eropa.

Semoga saja saat itu ghost race memang sudah harus berakhir. (rnp)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine