F1 2021: Kacau, Mobil Mick Schumacher Tak Bisa Dipasangi Mesin Ferrari, Teknisinya Tak Ada

Senin, 01/02/2021 18:52 WIB

mobilinanews (Inggris) - Persiapan dua rookie di tim Haas, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin, dihadang persoalan besar. VF-21 sudah selesai dibangun, tapi mesinnya tak bisa dipasang. 

Tim berbendera AS ini punya markas operasioanl dan pabrik di Banbury, Inggris. Biasanya semua komponen mobil (di luar mesin) dikirim ke Maranello, Italia, untuk dirakit dan dipasangi mesin Ferrari.

Tahun ini karena mayoritas komponen sama dengan mobil 2020 maka tradisi itu dibalik. Ferrari yang kirim mesin ke Banbury dan di-install di sana.

Mesin sudah tiba di tempat. Tapi, tak bisa dipasang karena hanya teknisi Ferrari yang bisa merakitnya. Masalahnya, sang teknisi tak bisa langsung melenggang dari Italia memasuki wilayah Inggris. Sesuai prokes Covid-19 yang diperketat karena merebaknya virus baru, setiap pendatang dari luar harus dikarantina 2 minggu setibanya di Inggris. 

Aturan itu yang bikin pusing kru Haas maupun Ferrari karena tes pra musim semakin dekat. Haas sendiri tadinya berencana luncurkan VF-21-nya pada pertengahan Februari dan kini sama sekali tak mungkin dilakukan.

Aturan itu juga yang membuat bos tim, Guenther Steiner, pun terjebak di AS. Ia tak bisa ke Inggris karena keharusan karantina 2 minggu tersebut.

"Saya ingin ke pabrik tapi harus jalani karantina 2 minggu. Hanya atlet (pembalap) kami yang punya kekecualian untuk aturan itu," kata Steiner seperti dikutip dari Auto, Motor und Sport.

Karena pengecualian itulah Schumacher bisa berangkat dari kediamannya di Swiss masuk Inggris dan bisa langsung ke pabrik.

Sejauh ini Haas belum menemukan solusi terbaik untuk menyiapkan VF-21 secara utuh. Apakah mengirim ulang mesin Ferrari berikut sasis, bodi, dan sebagainya ke Italia untuk dirakit atau bertemu teknisi Ferrari di Bahrain jelang tes pra musim.

Pilih yang mana saja tetap repot buat Haas! (rnp)

 

TERKINI
Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Cloud EV Media Dynamic Impression Jadi Momen Istimewa Merasakan EV Terbaru Wuling