Tak Sanggup Bayar Aspal Baru, Brno Hilang Dari Percaturan MotoGP

Rabu, 03/02/2021 23:08 WIB

mobilinanews (Rep. Ceko) - Sayang sekali, Sirkuit Brno di Rep.Ceko akan hilang dari kalender MotoGP entah sampai kapan. Banyak yang merasa kehilangan karena trek Brno punya karakter tersendiri yang tak dimiliki sirkuit lain.

Sudah lama pengelola sirkuit itu terpukul oleh masalah keuangan, baik untuk membayar promoter fee kepada Dorna Sports maupun untuk biaya pengelolaan.

Semakin berat karena FIM mensyaratkan pengaspalan ulang untuk sirkuit sepanjang 5,4 km itu. 

Tanpa penonton tahun lalu, manajemen makin sulit bergerak karena bantuan dana dari pemerintah lokal juga terhenti. Bantuan subsidi yang dilayangkan ke pihak Dorna juga tak jalan.

Maka dengan barat hati per hari ini manajemen Sirkuit Brno menyatakan mundur dari penyelenggaraan balap dunia.

"Kami fokus pada sisi komersial lain berupa penyewaan lintasan untuk kegiantan klub dan agensi," kata Direktur Sirkuit Brno Ivana Ulvanova lewat sebuah pernyataan tertulis yang dibagikan kepada media.

Dalam situasi belakangan ini, kata Ivana, tak mungkin bagi mereka menggelar event olahraga internasional tanpa melibatkan dukungan dana publik ataupun pemerintah.

Dengan demikian, bukan hanya di musim 2021 ini saja Brno absen menggelar MotoGP tapi juga untuk beberapa tahun ke depan yang belum pasti kapan berakhir.

Brno sendiri sudah menggelar balap Grand Prix sejak 1950 hingga sekarang, sejak treknya di jalan raya hingga permanen saat ini.

Negara ini hanya sekali batal menggelar lomba pada tahun 1992. Saat itu terjadi perpecahan nasional karena negara Cekoslowakia terpecah menjadi dua negara, Slovakia dan Republik Ceko.

Salah satu kelebihan Brno yang tak dimiliki sirkuit lan adalah lintasan menaiki bukit, menanjak panjang dan berliku, dan terkenal dengan julukan Horsepower Hill.

Itu pula sebabnya Brno menjadi salah satu ajang tes motor untuk menguji tenaga dan daya tahan mesinnya.

Valentino Rossi adalah salah satu yang menjadikan Brno sebagai trek favorit. Bukan saja karena lay out sirkuit tapi juga karena di situlah ia meraih kemenangan perdana di ajang Grand Prix, GP 125cc pada 1997.

Yang pastinya juga merasa kehilangan adalah tim KTM dan Brad Binder. Pasalnya, di Brno inilah tahun lalu Brad Binder mencetak sejarah.

Meraih kemenangan perdananya di MotoGP, kemenangan perdana KTM di kelas primer, dan sejarah buat Afrika Selatan karena mencatatkan pembalapnya dalam sejarah pemenang MotoGP. (rnp)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine