Madrid Siapkan Sirkuit Dengan Konsep Operasional 280 Hari per Tahun

Kamis, 18/02/2021 12:29 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Sudah banyak sirkuit di Spanyol. Saat ini saja ada Sirkuit Jerez, Barcelona, Aragon dan Valencia yang rutin gelar F1 dan MotoGP.

Tapi, tetap saja terasa kurang. Madrid, ibu kota, yang sudah punya sirkuit Jarama malah tengah bersiap bangun Circuito de Morata dengan konsep unik.

Ayutamiento de Morata de Tajuna, sebuah kota kecil di luar Madrid, tengah berupaya membangun sirkuit modern sepanjang 4,5 km dengan kelas FIA Grade 1 yang berarti bisa digunakan untuk F1 dan MotoGP.

Pastinya kejuaraan nasional maupun level kejurda juga bisa ikut dilangsungkan di sana. Pokoknya semua jenis balap aspal boleh masuk.

Tak hanya untuk balapan. Sirkuit juga bisa dimanfaatkan untuk aneka keperluan seperti bazaar, pameran, berbagai aktivitas budaya, bahkan konser musik.

"Karena kami ingin sirkuit ini beroperasi komersial 280 hari dalam setahun," kata Walikota Angel Sanchez sebagaimana dikutip media Onda Madrid.

"Saya rasa tak akan sulit mendapatkan otorisasi pembangunannya karena terletak di loaksi yang sangat kumuh dan tidak produktif."

Bekerjasama dengan perusahaan swasta, Sanchez menyebut obsesi itu terdorong oleh minat Madrid yang sejak lama ingin menggelr balap F1.

Itu tak bisa dilakukan karena Sirkuit Jarama yang sudah ada sama sekali tak memadai dan sulit dikembangkan karena masalah lingkungan dan politik,

Sang walikota sudah ajukan anggaran ke dewan kota dengan proposal besarnya itu. Sayangnya sang dewan hanya setuju mengalokasikan uang rakyat sebanyak 12 juta Euro untuk proyek semegah itu. Jelas sangat jauh dari cukup.

Karena itu lewat media ia pun berharap ada pihak swasta lain yang bisa ikut mewujudkan impiannya. (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine