F1 2021: Masuk Musim Kompetisi, Hamilton Masih Punya Hutang 6 Poin Penalti

Kamis, 18/02/2021 21:41 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tak hanya rekor yang baik-baik, rekor buruk pun dicetak Lewis Hamilton. Ini terkait perilaku di dalam lintasan, dalam konteks ketaatan pada aturan maupun sikap terhadap pesaing. Ternyata, ia terburuk!

Sejak 2014 Formula 1 memperkenalkan penalty point terhadap setiap kesalahan pembalap. Jumlah poin tergantung jenis pelanggarannya. Setiap poin berlaku masing-masing setahun. Jika akumulasinya mencapai 12 maka FIA akan menghukumnya dengan larangan satu kali balap.

Mulai diperkenalkan ternyata belum ada pembalap yang menyentuh angka itu. Perolehan terbesar adalah 10 atau hanya beda 2 angka dari batas maksinmal. Yang punya angka 10 itu adalah Hamilton dan diraih tahun lalu.

Masuk musim kompetisi 2021 tak berarti `dosa`dosa` tahun lalu terhapus. Ada poin yang terhapus karena sudah berusia 1 tahun. Dengan ketentuan ini maka Hamilton masih punya 6 poin penalti begitu memulai balapan di GP Bahrain bulan depan. Jika abai, soal penalty ini bisa jadi bumerang di tengah kompetisi, dalam upayanya meraih rekor 8 kali juara dunia F1.

Apa saja kesalahan Hamilton dan siapa lagi yang berhutang poin masuk musim 2021, ini daftarnya:

LEWIS HAMILOTN 6

2 - GP Austria, tidak melmabt saat bendera kuning

2 - Austria, jadi penyebab kecelakaan

2 - Italia, masuk pitlane dalam status pitlane tertutup

GEORGE RUSSELL 6

3 - Inggris, ngerem terlalu pelan saat bendera kuning

3 - Turki, kasus SDA

LANDO NORRIS 5

2 -  Styrian, menyalip saat bendera kuning

3 -  Turki, tidak melambat saat bendera kuning

KIMI RAIKKONEN 4

1 - Hungaria, parkir kurang tepat di grid starting

1 - Tuscany, masuk pitlane dengan cara salah

2 - Eiffel, penyebab kecelakaan

Para terhukum lainnya adalah Antonio Giovinazzi, Lance Stroll, Charles Leclerc yang masing-masing 3 poin, Sergio Perez (2), dan Daniel Ricciardo, Esteban Ocon dan Carlos Sainz masing-masing 1 poin. Sisanya pembalap bersih.

Khusus Fernando Alonso yang baru balik lagi ke ajang F1 plus pembalap ruki macam Mick Schumacher, Nikita mazepin dan Yuki Tsunoda tentu tak punya kesalahan yang bisa dicatat. (rnp)

 

TERKINI
Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia