F1 2021: Tak Ada Number One di McLaren

Jum'at, 19/02/2021 00:05 WIB

mobilinanews (Inggris) - Pembalap muda Inggris Lando Norris, 21 tahun, sempat bikin pernyataan kontroversial saat launching tim McLaren. Ia ingin ambil peran sebagai pemimpin tim balap terkemuka itu meski teammate-nya adalah seorang driver sekelas Daniel Ricciardo.

Meski Ricciardo lebih senior 10 tahun darinya, Norris menunjukkan sikap kurang bersahabat dengan rekan barunya itu. Eks pembalap Red Bull dan Renault yang baru tahun ini gabung dengan McLaren, menurut Norris bukanlah sosok yang tepat menggantikan Carlos Sainz (rekan Norris tahun lalu) yang  pindah ke Ferrari.

"Saya tidak percaya Daniel bisa melangkahi apa yang sudah dicapai Carlos dalam tim ini. Ia justru akan mendapat tekanan karena sudah jauh lebih dulu di F1. Ia harus membuktikan dengan penampilan sangat baik," tukasnya.

Jelaslah pemimpin tim McLaren Andreas Seidl gusar dengan ucapan Norris. Ia tak ingin terjadi rivalitas tak sehat padahal kompetisi resmi belum bergulir.

Terlebih lagi pengalaman panjang McLaren yang repot mengatasi persaingan internal antar pembalapnya, termasuk saat Lewis Hamilton bersama Fernando Alonso di sana.

"Pembalap McLaren tidak akan dibeda-bedakan. Selama saya jadi bos tim, tidak akan ada pembalap nomor satu yang ditentukan. Itu tak perlu dalam tim saya," tegasnya.

Ia justru memberikan apresiasi terhadap Ricciardo dan sama sekali tak membandingkan dengan Sainz yang ia gantikan.

"Saya senang dengan line up pembalap baru. Ini kombinasi yang kuat. Lando sudah kenyang pengalaman dlam tim sementara Daniel adalah referensi yang kami lewatkan dalam dua tahun belakangan. Daniel sudah membuktikan di masa lalu kalau ia bisa memenangkan balapan jika mendapat material yang bagus."

Ricciardo memasuki jagat F1 pada 2011 saat Norris baru berumur 12 tahun.  Ia telah meraih 7 kemenangan, 31 podium, 15 fastest lap dan 3 pole position.

Saat bersama Red Bull, pembalap Australia ini finish 3 Besar klasemen pembalap pada musim 2014 dan 2016. Tahun lalu bersama Renault, ia ada di peringkat kelima klasemen akhir. (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine