MotoGP 2021: Launching Tim Petronas Yamaha Srt, Pasangan Langka Rossi dan Morbidelli

Senin, 01/03/2021 18:19 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Petronas Yamaha Srt (Sepang Racing  Team) hari ini meluncurkan besutan M1 mereka untuk musim 2021. Duet pasangan Valentino Rossi dan Franco Morbidelli terbilang langka dan istimewa.

Dari tampilan luar tak ada perubahan mencolok pada livery tim satelit Yamaha itu. Tetap hitam dengan paduan biru muda. Hanya sasis dan jeroan mesinnya yang berbeda. Yamaha YZR-M1 milik Rossi sama dengan rider pabrikan Yamaha Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Sementara yang digeber Morbidelli sama dengan spek tahun lalu, yakni M1 berbasis spek 2019 dengan sedikit tambahan part 2020 atau oleh Yamaha dikenal dengan sebutan M1 spec-A.

Rossi yang pindah dari tim pabrikan mulai 2021 ini mengaku senang berpasangan dengan Motbidelli yang tak lain adalah murid yang kemudian jadi sahabatnya. Morbidelli sendiri bersama keluarganya rela pindah ke Tavuilla agar bis abelajar di akademi pembalap milik The Doctor.

"Bersama Franco kami adalah pasangan pembalap istimewa. Sangat menarik karena kami sudah mengenal baik satu sama lain. Berdama dia saya akan memberikan seluruh kemampuan agar kami sama-sama bisa berad di posisi bagus pada klasemen akhir 2021. Kami siap untuk memulainya," tegas Rossi yang sepanjang karirnyadi kelas primer baru kali ini mengerek bendera tim satelit.

Meski satelit, Rossi mengaku senang bergabung dengn tim milik pengelola Sirkuit Sepang itu. Ia menyukai livery pada motor dan corak helmnya yang baru.

"Yang tak kalah penting, tim ini masih sangat muda. Tapi dalam dua tahun ini mereka sangat kompetitif," imbuh Il Dottore merujuk 6 kemenangan musim lalu yang diraih joki Petronas Yamaha sementara tim pabriknya hanya raih satu kemenangan.

Morbidelli menuturkan tak ada yang berubah dari motornya tahun lalu. Garis besarnya sama dengan tahun ini, livery sama, dengan teknisi yang juga tak berubah.

"Yang berubah hanya rekan setim saya, Vale (Rossi). Saya harap ini akan menjadi musim yang hebat buat Vale. Kami sudah lama bersama dan seperti biasanya kami akan belajr satu sama lain," kata Morbidelli yang secara halus menyebut target tahun ini adalah lebih baik dari tahun lalu.

Tahun lalu ia runner up di bawah juara dunia Joan Mir (Suzuki). Artinya, tak ada lagi ang lebih bagus di atas runner up selain menjadi juara dunia. Maka itu adalah target sesungguhnya Morbidelli dan ia punya kapasitas untuk itu.

Rider pabrikan Ducati, Jack Miller, misalnya menyebut Morbidelli adalah favorit terkuat juara dunia 2021. (rnp)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine