Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2021 Akan Digelar Di SIKC Dengan Sertifikasi CHSE

Kamis, 04/03/2021 02:30 WIB

mobilinanews (Sentul)  - Round 1 dan 2 Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup rencananya akan digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, 13-14 Maret 2021 depan.

Namun event tersebut akan dihelat setelah SIKC mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Apa itu CHSE? CHSE adalah penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

"Kami dari pengelola SIKC tengah proses sertifikasi CHSE, dan diharapkan bisa selesai jelang pelaksanaan Kejurnas Eshark Rok Cup pekan depan," ujar Kemas Haikal, Direktur Utama PT Sarana Lintas Indonesia selaku pengelola SIKC.

Jika sertifikasi CHSE tersebut bisa didapatkan maka SIKC akan menjadi sirkuit dengan standar penerapan Prokes Covid-19 sesuai aturan pemerintah.

"Jadi akan ada aturan-aturan Prokes yang diterapkan pada saat event Eshark Rok Cup nanti. Salah satunya, seluruh yang akan terlibat di event tersebut dari pembalap, mekanik, kru, orang tua, panitia hingga pers harus sekurangnya membawa hasil Swab Antigen (negatif) dan idealnya PCR," terang Kemas Haikal.

Pihak pengelola juga akan mengeluarkan buku aturan, untuk pelaksanaan event di SIKC. "Buku peraturan ini terkait pelaksanaan event di masa pandemi Covid-19 dan aturan Prokes Covid-19," lanjutnya.

Ditambahkan, nantinya akan ada pemisahan antara pengelola dan penyelenggara terkait pelaksanaan Prokes Covid-19 di SIKC.

Lalu, apa latar belakang sertifikasi CHSE yang dikeluarkan Kemenparekraf yang menjadi acuan?

"Karena tempat atau venue olahraga merupakan bagian dari sektor usaha di bidang pariwisata. Bukan hanya sirkuit balap, beberapa tempat olahraga lain juga sudah menerapkan CHSE, salah satunya lapangan golf," ungkap Kemas Haikal.

Diharapkan dengan adanya sertifikasi CHSE dapat menggairahkan kegiatan balap di Sentul International Karting Circuit.

"Artinya, SIKC akan memiliki standar pelaksanaan Prokes Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang ada. Sehingga event apa pun yang akan digelar sudah ada aturan dan panduannya," pungkas Kemas Haikal. (wan)

TERKINI
Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak! Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir