Bamsoet Membuka IIMS Virtual Fase 2 Berlangsung Hingga 4 April 2021

Kamis, 18/03/2021 19:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo dalam sambutan pembukaan IIMS 2021 Fase-2 di Jakarta, Kamis (18/3/2021), mengatakan, IIMS menjadi momentum kebangkitan perekonomian nasional.

Kebangkitan ini diperlukan karena dampak Covid-19 sudah menggerus seluruh sendi kehidupan, termasuk kehidupan perekonomian.

Sebagai gambaran, data penjualan mobil baru secara wholesales tahun 2020 hanya tercatat 532.027 unit atau turun 48,3 persen dari pencapaian tahun 2019 (sebanyak 1.030.126 unit).

Penurunan angka penjualan ini juga dialami sektor sepeda motor. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor tahun 2020 hanya 3.660.616 unit atau turun 43,57 persen dari tahun 2019 (sebanyak 6.487.460 unit).

”Saat ini, kita sedang berupaya membangun optimisme menghadapi pandemi. Dengan berjalannya vaksinasi secara bertahap dan peningkatan kesadaran dan komitmen masyarakat untuk berdisiplin penerapan protokol kesehatan, pertumbuhan perekonomian nasional akan pulih kembali,” ujar Bamsoet sapaan akrabnya.

Bamsoet memprediksi, geliat perekonomian akan semakin terlihat pada kuartal kedua 2021. Optimisme itu didorong pemerintah melalui relaksasi PPnBM dan pemberlakuan uang muka nol persen untuk kendaraan bermotor berspesifikasi tertentu.

Menurut Bamsoet yang juga Ketua Umum IMI Pusat, upaya pemerintah untuk mendorong industri otomotif juga dilakukan melalui dukungan pengembangan industri mobil dan sepeda motor listrik di Tanah Air.

Dengan diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, pemerintah mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai untuk transportasi.

Aturan ini ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020 tentang spesifikasi dan peta jalan pengembangan, serta ketentuan penghitungan nilai tingkat komponen dalam negeri kendaraan bermotor berbasis baterai.

Bamsoet mengapresiasi terobosan inovatif IIMS secara virtual ini. Ajang IIMS fase pertama maupun kedua merupakan bagian adaptasi untuk tetap mendorong geliat industri otomotif dan perekonomian nasional di tengah penyebaran Covid-19.

Meskipun diselenggarakan secara virtual, Bamsoet berharap tidak menjadi hambatan dalam proses transaksi penjualan. Tentunya, diharapkan pada April 2021, IIMS secara hybrid dapat terlaksana yang mengombinasikan konsep luring dan daring. Melalui konsep hybrid, jangkauan terhadap pencinta otomotif menjadi lebih luas lagi.

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 Fase-2 kembali digelar secara virtual, 18 Maret-4 April 2021. Fase ini merupakan langkah terakhir sebelum pelaksanaan IIMS Hybrid pada April mendatang. (wan)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!