F1 2021: Tinggalkan F1, Honda Tetap Dukung Tsunoda dan Program Pembalap Juniornya

Sabtu, 20/03/2021 21:40 WIB

mobilinanews (Italia) - Pembalap muda Jepang Yuki Tsunoda (AlphaTauri) tampil mencengangkan saat jadi pembalap tercepat kedua di bawah Max Verstappen di winter test Bahrain. Terlepas dari kontroversi soal `kecurangan` di zona DRS, Tsunoda adalah bukti keberhasilan pembinaan Honda.

Best lap pembalap berusia 20 tahun itu memang jadi kontroversi. Sengaja atau tidak ternyata catatan waktu terbaiknya didapat dengan cara mengaktifkan sistem DRS (Drag Reduction System) sebelum garis deteksi. Zona ini saat race memberi keuntungan speed pembalap untuk menyalip yang didepannya. Itu membuat Tsunoda punya keuntungan waktu meski sangat sedikit, kisaran 0,1 - 0,2 detik saja. 

Terlepas dari kasus itu, Tsunoda memang pembalap muda yangkini jadi harapan masa depan Jepang di F1. Baru dua tahun di Eropa, berkompetisi di F3 dan F2, ia sudah menjadi ruki di F1 setelah finish 3 Besar di F2 2020.

Itu jelas membanggakan Honda yang mengirim, membina dan membiayai seluruh kebutuhan Tsunoda di Eropa. 

Managing Director Honda Masashi Yamamoto sangat mengapresiasi aksi impresif Tsunoda di awal karirnya dengan AlphaTauri yang menggunakan mesin Honda sebagaimana halnya Red Bull Racing. 

"Musim ini ia dianggap sukses jika bisa meraih poin (finish 10 Besar). Jika ada kesempatan, saya ingin melihatnya naik podium. Ia pembalap pemula tapi saya yakin ia pasangan yang bagus buat Pierre Gasly," ucap Yamamoto.

Yamamoto memastikan tetap mendukung program dan karir Tsunoda di F1. Ia bahkan berjanji akan terus menjalankan program pembibitan dan pembinaan seperti dilakukan Honda untuk Tsunoda. Program junior ini tetap berjalan meski Honda akan tinggalkan F1 pada akhir musim 2021.

"Jika ada bibit pembalap bagus, kami akan berbicara dengan Red Bull (program akademinya). Kerja sama ini akan terus berlangsung. Saya ingin anak-anak yang punya talenta balap bisa terus bermimpi."

Dan, saat ini Honda sudah menyiapkan pembalap pelapis di belakang Tsunoda. Ia adalah Ayumu Iwasa yang kini berkecimpung di kancah kompetisi F3. (rnp) 

 

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine