Wuling Almaz RS, Representasi Logo Baru dan Kecanggihan Mobil Tiongkok

Minggu, 04/04/2021 22:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Wuling, terus memberikan rasa nyaman kepada konsumennya saat berkendara disetiap produknya. Kali ini, Wuling Motors Indonesia, menghadirkan flagship SUV mereka dengan meluncurkan Wuling Almaz RS dengan suguhan premium baik dari eksterior, interior sampai fiturnya.

Sadar akan kompetisi pasar yang dihadapi pada segmen SUV sangat kompetitif, Wuling memutar otak bagaimana caranya untuk memikat konsumen di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan yang baru berusia dua tahun lebih di Indonesia ini, langsung memberikan penyegaran secara signifikan yang meliputi beberapa sektor.

Kehadiran model yang kini menjadi ujung tombak Wuling untuk segmen SUV, juga menggunakan logo baru yang dibalut dengan warna silver. Penggunaan warna silver ini, secara psikologis melambangkan glamor dan canggih. Namun menurut Wuling sendiri, warna pada logo baru ini merepresentasikan nilai teknologi dan inovasi terdepan untuk mobilitas canggih sesuai dengan standar global baru mereka.

Penggunaan logo baru ini, tidak disematkan pada semua produk yang dipasarkan di Indonesia. Tetapi, hanya beberapa model yang menyasar segmen menengah ke atas yang menggunakan logo baru tersebut.

Penggunaan logo baru ini juga sejalan dengan teknologi yang disematkan pada Wuling Almaz RS. Salah satu yang bisa menjadi nilai jual serta `pride` pemiliknya, adalah fitur Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan penggunanya bisa membalas pesan Whatsapp dari layar entertainment yang terletak di tengah dashboard hanya dengan mengucapkan perintah suara.

Kenyamanan lainnya yang bisa membuat konsumen nyaman adalah mereka bisa membuka pintu mobil melalui smartphone, menyalakan mesin dan AC sebelum pemiliknya masuk ke dalam mobil, serta mencari posisi mobil saat di parkiran yang bisa diakses via aplikasi My Wuling Plus. Teknologi modern tersebut juga disandingkan dengan fitur keselamatan yang sudah dibenamkan pada mobil tersebut.

Fitur Keselamatan Modern di Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS sudah mengadopsi Fitur keselamatan Advanced Driver Assistant System (ADAS) (Foto: hf)

Wuling menyebut fitur keselamatan tersebut dengan ADAS atau singkatan dari Advanced Driver Assistant System. Beberapa keselamatan yang termasuk di dalamnya adalah Adaptive Cruise Control (ACC) yang memungkinkan pengemudinya melakukan setting terhadap kecepatan mobil yang ada di depannya. Dengan mengandalkan fitur tersebut, maka pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas di jalan tol karena sudah mendeteksi pergerakan kendaraan di depannya.

Fitur yang tak kalah menarik adalah Traffic Jam Assistant (TJA). Dari fitur tersebut, Wuling Motors Indonesia menghadirkan teknologi yang tidak kalah dari kompetitornya sekelas SUV Honda CR-V. Berbekal teknologi yang sudah dibenamkan, jika mobil mengalami kemacetan di jalan dengan catatan di bawah lima detik maka pengemudi juga tidak perlu menginjak pedal gas dan rem untuk kondisi stop and go.

Hal ini dikarenakan fitur keselamatan tersebut sudah mengunci pergerakan mobil yang ada di depannya. Namun jika kemacetan lebih dari lima detik, maka pengemudi hanya perlu menekan pedal gas sedikit untuk kembali mengaktifkan fitur TJA tersebut.

Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Melalui fitur Adaptive Cruise Control, mobil tetap bisa berjalan meski pedal gas tidak ditekan (Foto: hf)

Dalam penjelasannya, Danang Wiratmoko, Product Planning PT Wuling Motors Indonesia, menjelaskan bahwa Wuling Almaz RS sudah dibekali dengan kamera serta sensor yang di tempatkan di bagian depan. Sehingga, dari dua komponen tersebut akan mengirimkan sinyal ke pusat otak mobil agar bekerja sesuai perintah yang diberikan.

"Cara kerjanya karena ada sensor yang mendeteksi kondisi jalan dan lalu lintas, dan bacaan sistem mobil akan memberikan feedback berupa warning atau mengoreksi setir kepada driver. Dengan adanya fitur ini akan meningkatkan keselamatan berkendara dan akan memberikan kenyamanan dalam berkendara," ujar Danang, saat first impression di Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Bicara mengenai varian yang ditawarkan, Wuling Almaz RS hadir dengan tiga varian, yakni Exclusive 5 seater dan 7 seater, serta varian Pro yang hadir sebagai kasta tertinggi dengan 7 seater.

Sementara itu, setelah Wuling Almaz RS dibekali dengan beberapa fitur modern ditambah dengan fitur keselamatan yang mumpuni, harga yang ditawarkan pun masih sangat kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitornya. Dalam periode PPnBM yang diberlakukan oleh pemerintah, Wuling Almaz RS dibanderol dengan harga mulai dari Rp 350 jutaan.

"Wuling Almaz RS Exclusive harganya Rp 365,8 juta. Dan Wuling Almaz RS Pro, harga yang kami tawarkan adalah Rp 370,8 juta. Tetapi, periode dari 29 Maret sampai 30 April, mobil ini mendapat subsidi PPnBM dengan harga Rp 350,3 juta (Exclusive) dan Rp 354,8 juta (Pro)," ujar CFO Wuling Motors Indonesia, James Wu, saat peluncurannya beberapa waktu lalu di Serpong, Tangerang. (hf)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!