50 Tahun Toyota dan Transformasi Pelayanan Modern

Jum'at, 09/04/2021 12:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota telah berkarya selama 50 tahun di Indonesia. Perjalanan panjang ini membuat brand ini, sangat familiar ditengah masyarakat. Hadir sejak tahun 1971, mereka telah menjadi bagian perkembangan otomotif dan mobilitas di Indonesia.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan banyak yang berubah dalam perjalanan 50 tahun mereka di Indonesia, karena itu mereka butuh transformasi ke depannya untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berubah.

"Toyota Indonesia didirikan April 1971, fokus kami waktu itu adalah memproduksi mobil dengan model beragam untuk segmen berbeda, demi meklengkapi kebutuhan transportasi masyarakat di Indonesia," kata Matsuda di Jakarta, dalam acara Toyota Indonesia 50th Anniversary – Mobility Happiness for All, Jumat (9/4)

Menjawab tantangan ke depan, lanjut Matsuda, mereka berkomitmen melakukan KAIZEN atau perbaikan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan menyediakan pilihan lebih lengkap, melihat perubahan yang terus bergerak maju.

"Perbaikan berkelanjutan akakn kita lakukan untuk menyediakan pilihan lebih lengkap, termasuk elektrifikasi, layanan yang lebih inovatif melalui pendekatan digital," tuturnya.

Ia mencontohkan saat ini, konsumen tidak hanya datang ke dealer untuk membeli mobil, tetapi untuk berbagai keperluan yang lebih kompleks sehingga Toyota harus siap dengan itu, mulai dari pengembangan sumber daya manusia hingga inovasi teknologi.

"Sekarang kebutuhan mastyarakat berubah, semakin beragam dan kompleks. Ini membuat kami mentransformasikan Toyota dari perusahaan mobil menjadi perusahaan mobilitas, yang bertujuan memberikan kebebasan dalam bermobilitas," tukasnya.

Sebagai langkah lebih lanjut, mereka akan menyediakan Total Mobility Solution, yang tidak hanya mendukung transportasi masyarakat tetapi juga setiap kebutuhan mobilitas untuk mendukung aktivitas masyarakat.

Senada dengan Matsuda, Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengakui kebutuhan masyarakat saat ini lebih kompleks dari sekedar memiliki mobil. Ada yang tak membutuhkan mekanisme tersebut, sehingga membutuhkan layanan mobilitas yang mudah dan bebasis digital.

"Banyak dari mereka membutuhkan kemudahan dalam bermobilitas tanpa harus memiliki mobil yang bisa diakses hanya dalam sekali klik. Melihat kebutuhan ini Toyota menghadirkan KINTO yang memberikan pilihan baru dengan nilai tambah, dengan memiliki mobil dengan sistem berlangganan yang dapat diakses secara digital," tukasnya. (Elk)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!