F1 2021: Dana Terbatas, Mercedes Pusing Soal Perbaikan Mobil Bottas

Senin, 19/04/2021 21:47 WIB

mobilinanews (Inggris) - Mobil hancur dalam sebuah balapan satu hal yang wajar dan acap terjadi. Tapi, tahun ini beda. Tim sekaya Mercedes pun bisa pusing soal biaya.

Itu yang saat ini terjadi di Mercedes usai tubrukan hebat Valtteri Bottas dengan George Russell di GP Emilia Romagna lalu. Bos Mercedes Formula 1 Toto Wolff memastikan dana tim akan tergerus untuk memperbaiki kerusakan mobil Bottas yang sangat parah.

Sasis, bodi, suspensi, dan seluruh perangkat aerodinamika dipastikan harus ganti baru. Kondisi mesin masih diinvestigasi. Tapi jika barang itu pun harua diganti maka sama halnya Mercedes harus bikin satu unit W12 lagi.

Masalahnya bukan karena tim tak punya duit. Itu karena peraturan baru yang dimulai tahun ini soal budget cap sebesar 145 juta USD untuk semusim kompetisi. Itu batas anggaran yang tak boleh dilampaui. 

"Saya khawatir dana pengembangan akan terganggu oleh kasus ini. Karena saat yang sama, kami dituntut untuk mengembangkan mobil tahun ini untuk menghadapi tim Red Bull," kata Wolff.

Dengan peraturan batas anggaran itu semua tim F1 memang harus kencangkan ikat pinggang dan mengatur pengeluarannya sedetil mungkin. Salah satu yang harus dihemat adalah biaya perbaikan mobil. Karena itu pembalap juga dituntut agar menjaga mobil masing-masing kalau bisa utuh hingga kompetisi selesai.

"Ini yang kami takutkan dan sudah terjadi. Mobil Valtteri nyaris semuanya harus duganti dan itu sangat mahal," imbuh Wolf.

Dalam kasus ini, Wolf tidak menyalahkan Bottas tapi cenderung menyalahkan Russell yang juga pembalap binaan Mercedes dan memintanya belajar banyak dari kasus itu.

FIA sendiri sudah tuntas menginvestigasi kecelakaan tersebut dan menyatakannya sebagai racing incident. Dengan begitu tak ada pembalap yang disalahkan dan harus dihukum.

Belum diketahui apakah besutan Bottas bisa direparasi dan digunakan ke ronde F1 berikutnya di Sirkuit Portimao Portugal atau tidak, untuk setidaknya jadi mobil cadangan. 

Yang pasti Wolff dan jajarannya kini harus berhitung ulang soal dana pengembangan W12 yang ternyata kini bisa dikalahkan RB16B milik tim Red Bull. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Cloud EV Media Dynamic Impression Jadi Momen Istimewa Merasakan EV Terbaru Wuling