F1 2021: Monaco Songsong Penonton, Jumlah Terbatas

Senin, 26/04/2021 22:31 WIB

mobilinanews (Monaco) - Dua seri awal F1 2021 di Bahrain dan Italia digelar tanpa penonton alas ghost race. Begitu pula dua race berikutnya di Portugal pekan ini dan Spanyol, juga tertutup. Baru di putaran kelima, GP Monaco, 20-23 Mei 2021, penonton mulai hadir di sirkuit.

Hal itu diungkap bigbos Liberty Media yang juga CEO F1 Stefano Domenicali. Hal itu bisa diwujudkan berkat kolaborasi penyelenggara dengan otoritas kesehatan Monte Carlo dengan izin masuk penonton dalam jumlah terbatas plus pelaksanaan prokes Covid-19 yang ketat.

Penyelenggara sendiri sebelumnya sudah menyiapkan satu tribun khusus untuk penggemar pembalap tuan rumah Monaco, Charles Leclerc (Ferrari), denan harga tiket khusus dengan fasilitas khusus dan berbagai suvenir dari Ferrari.

Ini komitmen tuan rumah dan pemerintah kota untuk beri suntikan semangat buat Leclerc yang satu-satunya driver Monaco di F1.Tiket untuk tribun lainnya pun sudah dijual sejak April ini.

"Ini memberi kami harapan ke depan. Akan ada pemnbukaan kembali secara bertahap agar penggemar F1 bisa hadir di sirkuit. Ada tuntutan kuat agar penggemar bis berpartisipasi langung dalam Grand Prix, bukan hanya lewat televisi," kata mantan petinggiti Ferrari itu.

Sayangnya sama sekali belum bisa diperhitungkan trek mana lagi setalah Monaco yang bisa disambangi penggemar. Pasalnya, kata Domenicali, penyelenggaraan F1 saat ini jauh lebih sulit dari tahun lalu. Karena mereka harus berurusan dengan berbagai yurisdiksi dan aturan yang berlaku di semua negara yang dikunjungi serial F1.

"Setiap negara punya aturan sendiri-sendiri. Kami harus bergerak dari hari ke hari, dengan perubahan dari jam ke jam," keluhnya.

Tahun ini serial F1 berlangsung 23 race. Tadinya muncuk harapan besar akan hadirnya penonton secara langsung berkat program vaksinasi yang gencar di semua negara.

Tapi, Domenicali dan jajarannya, tampaknya harus berbesar hati karena itu tadi bahwa belum ada tanda-tanda seri GP berikutnya pasca Monaco akan membuka treknya untuk penonton. (rnp)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik