MotoGP 2021: Di Le Mans atau Mugello, VR46 Akan Umumkan Pakai Motor Barunya!

Kamis, 29/04/2021 22:28 WIB

mobilinanews (Italia) - CEO VR46 Racing Team Alberto Tebaldi menyebut GP Prancis di LeMans atau paling lambat di GP Italia di Mugello, timnya akan umumkan gandeng pabrikan apa di MotoGP.

Tim milik Valentino Rossi ini sudah pasti manggung sebagai tim independen di grid kelas primer 2022.

Kepastian itu diperkuat oleh deal kerjasama VR46 dengan perusahaan minyak raksasa Arab Saudi dua hari lalu. Aramco akan jadi sponsor utama sekaligus nebeng jadi nama tim. Disebut-sebut tim ini akan bernama Aramco Racing Team VR46. 

Sejauh ini ada tiga pabrikan yang tengah merapat dengan kubu Rossi dengan potensi masing-masing. Yakni Yamaha sebagai peluang terbesar lantaran hubungan panjang dan bersejarahnya dengan Rossi, Ducati yang saat ini digunakan tim Avintia dimana adik tiri Rossi, Luca Marini, telah bergabung, serta Suzuki

Yang mana akan jadi, kata Tebaldi, akan diumumkan secepatnya. Itu tadi, paling lambat di seri Italia. GP Prancis di LeMans berlangsung 14-16 Mei 2021 dan disusul Mugello dua minggu kemudian.

"Kami sendiri ingin secepatnya. Kami semua sedang bersemangat dan banyak pekerjaan yang sudah harus dilakukan," katanya.

Di sisi lain, Rossi sendiri masih di ambang pertanyaan apakah pensiun atau tidak di akhir musim ini. Dari tiga balapan yang sudah berlangsung musim ini, performanya dengan tim baru Petronas Yamaha Srt sangat buruk meski menggunakan motor M1 spesifikasi pabrikan. Ia hanya terikat kontrak semusim dengan Petronas. 

Rossi sendiri sejak awal menyebut ia akan mengevaluasi penampilannya dalam 6 pertandingan awal 2021. Dari situ ia akan memutuskan pensiun atau tidak di akhir 2021. Biasanya The Doctor acap memberikan pengumuman khusus seputar dirinya berbarengan dengan GP Italia di Mugello, kandang para rider Italia.

Apakah kali ini ia juga umumkan soal pensiunnya di sana? Berbarengan dengan pengumuman motor yang digunakan tim VR46?

"Saya tak bisa jawab hal itu. Pensiun atau tidak, itu sepenuhnya keputusan Vale," kata Tebaldi.

Kalu soal pilihan pabrikan yang akan digandeng, tentunya Rossi sebagai team owner ya pastinya sangat menentukan. 

Yang tak kalah menarik adalah potensi besar tim milik Rossi dengan dukungan Aramco akan jadi musuh utama tim Petronas saat ini. Maklum, sesama perusahaan minyak yang tengah gencar ekspansi ke pasar internasional.

Artinya, jika Rossi bergandengan dengan Yamaha maka saat sama Petronas harus cari gandengan lain, yang kabarnya adalah Suzuki.

Buat Rossi sendiri, apakah mungkin ia lanjut kontrak dengan tim Petronas tahun depan karena saat bersamaan ia juga gandengan dengan Aramco?

Jika tak mungkin karena jelas tak elok maka itulah mungkin jalan buat Il Dottore pensiunkan diri. (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine