F1 2021 : Honda Panas, Harus Oprek Mesin Untuk Kalahkan Mercedes

Senin, 10/05/2021 23:12 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Honda dalam tahun terakhirnya di ajang F1 benar-benar total mendukung Red Bull dan Max Verstappen untuk bersaing dengan Mercedes dalam perburuan trofi. Drektur Teknik Honda F1 Toyoharu Tanabe merasa gerah dengan hasil di GP Spanyol lalu.

Dalam 4 partai awal kini Mercedes unggul atas Red Bull Honda dengan skor 3-1. Kekalahan paling menyakitkan adalah yang baru terjadi di GP Spanyol, Sirkuit barcelona, Minggu lalu. Pasalnya, Verstappen sudah berhasil menyalip Hamilton di awal balapan dan memimpin lebih dari separo durasi lomba.

"Tetapi setelah Mercedes lakukan strategi 2 kali pitstop, Hamilton dengan cepat menyusul. Dan, kami tak bisa berbuat apa-apa," keluh Tanabe.

{etinggi Honda itu menyebut pihaknya kini semakin memahami kelebihan dan kekurngan timnya sekaligus plus dan minus kubu lawan. Menurut Tanabe, dari hasil Barcelona sangat jelas kalau strategi dan kecepatan Red Bull yang harus ditingkatkan. Itu sumber kekalahan Verstappen.

"Jika kedua hal itu tak bisa kami perbaiki maka kami tak akan bisa mengalahkan Mercedes," tegasnya.

Untuk strategi tentu itu sepenuhnya urusan Team Principal Christian Horner dn pasukannya. Tapi, untuk speed, jelas jadi tanggung jawab Honda selaku pemasok mesin. Untuk itu Tanabe kembali menegaskan komitmen untuk mendukung Verstappen jadi juara dunia dengan cara apa pun yang bisa dilakukan Honda.

Sirkuit Barcelona selama ini adalah trek rujukan untuk pengembangan mobil F1 karena lay out-nya yang mewakili hampir seluruh bagian sirkuit di Eropa. Karena itulah trek ini acap digunakan sebagai ajang uji coba.

"Kami telah memahami apa yang harus diperbaiki. Hoda telah mengumpulkan banyak data dari balapan di Barcelona. Kami akan lakukan semua yang terbaik untuk membangun kekuatan baru RB16B," tandas Tanabe.

Ya, mumpung baru 4 race berlangsung. Kalah 1-3 jelas mewajibkan Red Bull dan Honda harus berbenah lagi. Tak realistis lagi membanggakan hasil winter test karena faktanya kini Mercedes sudah keluar dari keterpurukan di awal musim. (rnp)

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!