F1 2021: Prediksi Zak Brown, Hamilton - Verstappen Bakal Tubrukan

Selasa, 18/05/2021 23:34 WIB

mobilinanews (Inggris) - Cepat atau lambat Lewis Hamilton (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull Honda) akan alami insiden tubrukan. Yang membuat keduanya keluar dari lomba. 

Begitu prediksi Team Principal McLaren Zak Brown melihat ketatnya rivalitas kedua calon juara dunia 2021 itu. Dalam 4 race musim ini yang sudah berlangsung, Hamilton memang menang 3 kali sementara Verstappen baru sekali.

Tapi, kata Brown, keempat balapan itu menyajikan pertarungan alot keduanya. Dua diantaranya lewat aksi menyalip di Tikungan 1, saat Verstappen memepet lawannya lewat celah yang sangat sempit, hanya hitungan milimeter. Andai Hamilton tak berkelit menghindar sangat mungkin saat itu sudah terjadi tabrakan.

"Tinggal menunggu waktu salah satu atau keduanya out dari balapan lantaran crash, mengingatkan fans pada rivalitas tempo dulu antara Ayrton Senna dengan Alain Prost. Ini bagus buat F1. Persaingan mereka ditunggu," kata Brown.

"Namun akan ada satu titik sepanjang musim ini di mana keduanya tak akan menyerah untuk saling menyingkirkan, terutama di Tikungan 1," imbuhnya.

Sejauh ini, lanjutnya, kedua pembalap beda generasi itu melakoni rivalitasnya dengan baik dan cerdas. Keduanya masih punya rasa hormat satu sama lain.

Secara khusus Brown melihat perlawanan Verstappen justru membuat permainan asli Hamilton keluar.

Bukan karena ia menginginkan hal itu tapi dipaksa oleh perlawanan Verstappen, perlawanan yang selama ini tak dialami Hamilton.

"Kita bisa melihat kecerdasan Lewis di atas mobilnya, melihat kesabarannya menunggu waktu menyerang. Itu adalah pengalamannya yang jadi kunci."

Ya, kelebihan pengalaman itu kini berhadapan dengan kecepatan RB16B yang diusung Verstappen. Dua kemenangan Hamilton, misalnya, jelas sekali bukan karena ia lebih kencang dari lawan tapi justru karena strateginya yang lebih mentereng.

"Ada potensi benturan keduanya. Tetapi yang penting adalah menjaganya agar tetap adil, dan itulah yang ingin kita nikmati."

Prediksi Brown tentu menarik jelang GP Monaco akhir pekan ini. Pasalnya, sirkuit jalan raya di tengah Kota Monte Carlo itu adalah seri F1 yang paling rawan tubrukan karena treknya yang sempit.

Sudah banyak insiden besar terjadi di sini. Bukan hanya di T1 tapi nyaris di sepanjang sirkuit.

Jika keduanya kembali start dari front row, maka peringatan Brown layak jadi perhatian khusus. Terlebih karena Verstappen tak boleh terlalu jauh ketinggalan poin di klasemen sementara. (rnp)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!