Masalah Baut Rem Longgar, Tesla Tarik 6 Ribu Mobil

Senin, 07/06/2021 11:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tesla Inc (TSLA.O) menarik hampir 6 ribu kendaraannya di Amerika Serikat. Penyebab recall besar-besaran ini karena baut kaliper rem sering mengalami sehingga sangat berbahaya saat unit digunakan.

Kegagalan kinerja pada roda sangat potensial dengan masalah baut ini, karena berpotensi menyebabkan hilangnya tekanan ban, yang dengan mudahnya dapat menyebabkan rem mobil kehilangan cengkraman pada ban sehingga menyebabkannya kehilangan kendali.

Dalam dokumen yang dipublikasikan pada hari Rabu lalu menunjukkan, penarikan tersebut mencakup kendaraan Model 3 yang diproduksi tahun 2019 hingga 2021 dan kendaraan Model Y yang diproduksi tahun 2020-2021, menguti Rauters beberapa waktu lalu.

Sejauh ini menurut catatan Tesla dan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), tidak ada laporan kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah ini dan bahwa perusahaan akan segera memeriksa dan memperbaiki komponen bermasalah dengan mengencangkan, atau mengganti baut kaliper seperlunya.

Otiritas Tesla mengatakan bahwa baut kaliper yang longgar dapat membuat kaliper rem terpisah dan menyentuh pelek roda, yang dapat menyebabkan hilangnya tekanan ban dan masalah ini sangat jarang terjadi sehingga membutuhkan penanganan yang cepat.

Perusahaan mengatakan semua pengguna Tesla dengan tahun yang disebutkan diminta untuk mengecek kendaraannya dan melaporkan pada Tesla atau segera membawanya ke dealer resmi Tesla. Bagi mereka yang mengalami kerusakan di jalan, Tesla akan mengirimkan mobil derek untuk mengantarkanya ke pusat layanan terdekat untuk perbaikan.

Sebenarnya NHTSA pernah memberitahukan masalah ini pada Desember lalu, setelah sebuah insiden lapangan yang melibatkan kendaraan Tesla Model Y 2021 dengan baut pengikat rem yang hilang pada kaliper rem belakang sisi pengemudi, sehingga nyaris mengalami masalah besar.

Sejak saat itu, perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah kendornya baut dalam proses perakitan. (elk)

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo